Apa itu UV Coating, dan Apa Saja Kelebihannya

UV coating merupakan jenis finishing kayu yang metode pengeringannya menggunakan radiasi sinar ultraviolet (UV). Tidak seperti proses finishing kayu biasa yang biasanya mengandung bahan kimia berbahaya dan kandungan senyawa organik yang mudah menguap atau VOC (Volatile Organic Compounds). Bahan pelapis UV menggunakan sangat sedikit atau bisa dikatakan tanpa VOC di dalam prosesnya.


Benda kerja keluar dari mesin pengering lampu UV

Dibandingkan jenis finishing lainnya seperti PU, NC, atau jenis minyak lainnya, UV Coating memiliki kelebihan dan kekurangan:

Kelebihan:
  • Tingkat produktivitas lebih cepat
  • Permukaan finishing bisa kering seketika begitu melewati ruang pengering atau mesin lampu UV
  • Kualitas finishing sama pada semua permukaan panel
  • Hasil finishing memiliki lapisan sangat keras, sehingga cocok untuk lantai kayu atau top meja
  • Finishing tahan terhadap bahan kimia, goresan dan air
  • Ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan kandungan VOC yang sangat rendah
  • Mengurangi jumlah tenaga kerja untuk operasional mesin
  • Limbah bahan finishing yang rendah


Kekurangan:
  • Karena memerlukan viskositas tinggi (sangat encer) terutama pada curtain coater, metode terbaik untuk UV coating adalah menggunakan rolling. Namun metode rolling hanya cocok untuk permukaan yang datar dan rata.
  • Tentu saja sesuai namanya, hanya dengan sinar UV untuk mengeringkan UV coating
  • Biaya dan harga peralatan yang tinggi


Jalur produksi mesin UV Coating line

Susunan mesin pada UV coating line bisa bervariasi, tergantung kebutuhan dan ketersediaan area di dalam pabrik. Konfigurasinya perlu memperhitungkan beberapa aspek penting aktivitas produksi agar investasi UV coating line menjadi efisien dan menguntungkan.

1. Dust Cleaner
Secara mendasar, sistem UV Coating line biasanya digunakan setelah proses benda kerja melewati mesin sander atau mesin amplas, sehingga susunan perangkat mesin selalu dimulai dengan Dust Cleaner atau pembersih debu. Beberapa pembuat mesin juga menyebutnya dengan nama 'Deburring machine'.

Pada permukaan kayu solid atau plywood akan terdapat semacam bulu halus yang timbul setelah kayu dipotong atau diserut. Kondisi ini perlu dibersihkan dengan mesin pemoles atau gerinda halus, dan proses ini dalam bahasa Inggris disebut deburring.

Variasi mesin inipun sangat banyak tergantung pabrik dan bisa menyesuaikan kapasitas produksi furniture yang dibutuhkan.


2. Coating machines
Jenis mesin yang ditempatkan pada posisi ini bisa berupa mesin roller coater, mesin curtain coater, atau mesin automatic spray painting. Kebanyakan pabrik pembuat lantai kayu atau wood flooring, memilih mesin roller coater untuk dipasang pada UV coating line mereka karena sangat cocok untuk finishing papan datar dan rata.

Mesin curtain coater, bahan finishingnya mengalir seperti tirai air, mesin ini sangat cocok untuk pelapis permukaan panel yang datar dan membutuhkan hasil yang halus. Pada roller coater, kadang-kadang permukaan panel terlihat seperti kulit jeruk, sebagai hasil 'cetakan' dari roller pelapis bahan finishing.
Namun ketebalan cat dari hasil kerja mesin curtain coater bisa sangat akurat dan bisa diatur lebih tebal.

Mesin semprot otomatis atau Automatic Spray Painting machine dirancang khusus untuk aplikasi produk seperti kayu profil untuk interior rumah seperti plint lantai, kusen dan rangka pintu, profil sudut, atau bingkai foto.


Mesin semprot otomatis/foto:Purete


3. Conveyor
Mesin ini digunakan sebagai landasan untuk mengangkut benda kerja dengan stabil. Dalam konfigurasi ini digunakan untuk mengangkut benda kerja dari mesin roller coater ke mesin pengering dengan lampu UV. Perangkat ini memiliki bantalan sabuk karet untuk pergerakkan benda kerja sehingga terbebas dari risiko goresan.


4. UV Lamps Dryer machine
Pada mesin ini terdapat sejumlah lampu UV yang bekerja untuk mengeringkan cat secara instan. Permukaan panel sudah keras dan kering begitu keluar dari conveyor atau rol pengangkut.


5. Conveyor
Bagian akhir dari UV Coating line berupa meja pengangkut yang kadang sudah terintegrasi dengan mesin pengering lampu UV, setelah kemudian disusun pada palet atau rak komponen di akhir UV coating line.


Susunan dasar sebuah UV coating line/PURETE

Kebutuhan akan kapasitas produksi, jenis produk, tipe finishing, dan kualitas finishing yang diperlukan, kesemuanya adalah unsur penting yang harus dipertimbangkan untuk investasi UV Coating line.

Dengan kondisi yang berbeda, sebuah pabrik bahkan bisa memiliki sistem UV coating line yang berjumlah hingga lebih dari 10 perangkat mesin.

Tentang KAYU

Karena Kayu Lebih Ramah Lingkungan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama