Kombinasi Ubin Keramik dengan Kayu, Mengapa Tidak?

Ubin keramik menjadi salah satu bahan non-kayu yang bisa dikombinasikan dengan furnitur kayu sebagai daun meja makan atau meja pengolahan bahan makanan di dalam ruang dapur, terutama jenis keramik yang bercorak klasik.


Pemasangan keramik pada rangka meja kayu

Pada aspek desain, corak dan motif keramik memberi kesan yang klasik dan kontemporer pada meja kayu Anda dan akan banyak sekali pilihan corak yang bisa ditemukan. Selain itu bahan keramik yang memang dirancang untuk digunakan pada lantai dan dinding kamar mandi, atau bahkan meja dapur dari beton, untuk bisa tahan air dan mudah dibersihkan.

Yang menjadi tantangan tersendiri adalah bagaimana membuat konstruksi atau menentukan jenis perekat antara kedua bahan baku yang memiliki sifat fisik berbeda dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kayu bersifat lebih fleksibel karena kadar air yang mempengaruhi kembang susutnya, sedangkan ubin keramik bersifat lebih kaku dan keras.

Kita harus kembali kepada prinsip dasar furnitur, bahwa dengan kombinasi seperti ini, bahan kayu harus menjadi struktur utama sebuah furnitur dan keramik menjadi bahan pendukung atau pelengkap. Untuk itulah struktur rangka daun meja harus terbuat dari kayu.


HarmonyArtCrafts/Etsy




Struktur dan Perekat

Konstruksi kombinasi antara kayu dan keramik pada daun meja bisa menggunakan 2 struktur. 

Struktur yang pertama dan sederhana adalah menggunakan papan plywood utuh pada daun meja, dan hanya tambahan rangka luar dari bahan kayu solid sebagai frame meja.
Bagian tengah daun meja tempat meletakkan keramik tidak perlu difinishing, bahkan jika memungkinkan bisa dibuat sedikit lebih kasar untuk penetrasi bahan perekat keramik.

Yang paling penting adalah daun meja tersebut harus rata dan mendatar sehingga keramik bisa tersusun dengan rapi dan merata.
Bahan campuran semen dan perekat tersebut dioleskan secara merata (setebal kurang lebih 5 mm) tetapi harus terdapat kerenggangan tertentu agar saat keramik ditekan, bahan perekat tersebut akan melebar dan memenuhi rongga kecil di bawah keramik.


Bunningsmagazines


Struktur yang kedua, dan biasanya digunakan untuk meja outdoor adalah dengan membuat struktur rangka dari kayu solid agar tahan cuaca. Secara teknis lebih sulit dilakukan, tetapi bahan kayu menjadi bisa lebih hemat.
Jarak antara rangka kayu disesuaikan dengan ukuran lembar ubin keramik yang digunakan. Jarak yang paling ideal adalah 20x20 cm sehingga struktur daun meja lebih kuat dan lebih stabil.


Proses Pengerjaan

Langkah-langkah sederhana pemasangan ubin keramik pada daun meja:

1. Permukaan meja kayu
Bersihkan permukaan plywood atau rangka kayu solid dengan kain yang agak basah, bebakan dari debu atau serbuk kayu.

Tips khusus: Gunakan jenis plywood 'Marine Grade' yang tahan air agar lem atau semen bisa merekat dengan kuat dan baik.

2. Pengolesan bahan perekat
Campur bahan perekat atau semen menurut petunjuk penggunaan dari produsen, dan aplikasikan pada permukaan daun meja setebal kurang dari 5 mm.
Mulailah dengan lembar keramik pada ujung meja.

3. Peletakan ubin keramik
Posisikan ubin keramik pertama di atas plywood atau rangka kayu pada ujung daun meja, lalu tambahkan sedikit jarak atau gap sebesar 3-4 mm dari rangka terluar daun meja. Lanjutkan dengan lembar keramik berikutnya dan berikan sedikit tekanan pada lembar keramik dengan tetap memberikan jarak 3-4 mm antar lembar keramik.
Bersihkan permukaan keramik dengan kain lembab, bisa digunakan juga untuk membersihkan kelebihan bahan perekat/semen yang keluar karena tekanan. Biarkan hingga mengering.

4. Isi nat keramik
Nat keramik atau rongga antar keramik perlu diisi dengan bahan perekat yang sama. Gunakan semacam tabung yang memiliki ujung runcing sehingga pengisian nat keramik bisa rapi, lalu bersihkan dan biarkan hingga mengering. Aplikasi pengisian nat atau rongga antara keramik dan frame luar kayu dilakukan setelah finishing rangka daun meja.

Tips khusus: Untuk produk furnitur luar ruangan bisa menggunakan bahan silicon, bahan perekat yang biasanya digunakan untuk merekatkan kaca atau cermin.

5. Finishing rangka luar daun meja
Lakukan proses finishing kayu sebagaimana mestinya dengan pengamplasan dan semprot bahan finishing sesuai langkah-langkahnya. Sebaiknya permukaan keramik ditutup dengan kertas atau karton yang direkatkan dengan selotip agar terhindar dari goresan tak terduga saat melakukan pemgamplasan.

6. Pengisian nat antar keramik & rangka kayu
Sebaiknya gunakan silicon yang berwarna bening. Aplikasikan secara perlahan di antara keramik dan frame kayu, lalu bersihkan segera dengan kain lembab untuk meratakannya. Setelah seluruh rongga terisi, biarkan filler tersebut mengering.


Tips Umum:
  • Simpan beberapa lembar ubin keramik yang bermotif sama sebagai cadangan agar saat salah satu ubin pecah atau retak, Anda akan mudah menggantikannya.
  • Dengan menggunakan ubin keramik, meja akan menjadi lebih berat. Pastikan struktur meja menggunakan konstruksi atau ukuran bahan kayu yang kuat menahan beban tersebut.


Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture. Founder tentangkayu.com

Post a Comment

Previous Post Next Post