CPSC: Penarikan Mainan Kayu Monti Kids Karena Bahaya Tersedak

Monti Kids, peritel khusus produk anak-anak, menarik kembali (recall) sebuah produk mainan dorong yang terbuat dari kayu karena risiko bahaya tersedak.


Foto: Monti Kids


Rangkuman singkat

Tanggal Penarikan:
21 April 2022

Nama Produk:
Monti Kids Wooden Push Toy

Unit Penjualan:
Sekitar 1.375 buah

Risiko Bahaya:
Silinder pada mainan roda bisa terpisah atau terlepas, sehingga bola-bola kayu di dalamnya bisa tersekspos atau bisa dijangkau, sehingga menimbulkan risiko bahaya tersedak bagi anak-anak.

Deskripsi Penarikan:
Penarikan ini melibatkan mainan dorong terbuat dari kayu yang termasuk di dalamnya kotak berlangganan Program Anak Monti Level 7. Mainan dorong terdiri dari pegangan kayu yang melekat pada silinder yang bisa bergulir, yang berisi bola kayu. Pada produck terdapat nomor lot produksi 0D41 dan 1A41. Nomor tersebut tercetak pada bagian bawah pegangan, pada bagian yang menghadap ke silinder, dan tertulis: “Desain Montessori, Dibuat secara Etis di Vietnam, dan Bersertifikat Keamanan ASTM CPSIA,”

Tindakan selanjutnya:
Konsumen disarankan untuk segera mengambil mainan yang ditarik (recalled) dari anak-anak, membuangnya ke tempat sampah, dan menghubungi Monti Kids untuk menerima pengembalian dana sebesar 40 dolar Amerika. Pihak perusahaan sedang menghubungi semua pembeli yang dikenal secara langsung.

Laporan atau Cedera:
Monti Kids telah menerima 145 laporan tentang insiden ini dengan bagian silinder pada mainan yang terpisah. Tidak ada cedera yang dilaporkan.

Penjualan:
Mainan ini dijual secara online di Montikids.com mulai April 2021 hingga Januari 2022.

Diproduksi di:
Vietnam

Sumber:
United States CPSC
Montikids.com/recall/pushtoy



Analisa Tentang Kayu:
Bahwa begitu pentingnya konstruksi dan kekuatan sambungan atau koneksi setiap komponen pada mainan anak-anak, sehingga pada saat membuat produk mainan kita harus mengawasi secara detil dan hati-hati untuk mencegah masalah yang sama. Pada kasus ini terdapat beberapa kemungkinan penyebab lepasnya silinder pada roda mainan tersebut.

Kemungkinan paling besar adalah dari pengeleman, baik jenis lem yang digunakan, jumlah lem yang dioleskan, maupun proses pengelemenan dan pengeringannya.
Terdapat kemungkinan lainnya juga bahwa kualitas kayu yang dipakai sebagai silinder terlalu lemah atau mudah patah/pecah sehingga terlepas dari roda mainan.

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture. Founder tentangkayu.com

Post a Comment

Previous Post Next Post