6 Peralatan Listrik Portabel Yang Sangat Berguna Untuk Pekerja Kayu

Jika anda telah memiliki semua peralatan manual untuk tukang kayu furnitur, anda bisa menambahkan beberapa peralatan listrik portabel di bawah ini untuk mempermudah pekerjaan anda.



Mari kita tinjau mulai dari yang paling penting dan paling banyak digunakan.

1. Power Drill

Kita lebih banyak mengenalnya dengan istilah bor tangan atau bor listrik. Walaupun saat ini tersedia berbagai pilihan bor tangan yang dilengkapi dengan tenaga baterai (DC), atau tanpa kabel, disarankan memilih bor tangan yang menggunakan tenaga listrik (AC). Selain tenaganya lebih besar, fitur pada bor tangan model listrik AC lebih banyak. Sebagai contoh putaran mesin (rpm) bor tangan bertenaga listrik lebih tinggi daripada bor tangan dengan tenaga baterai. Apalagi jika anda menggunakan bor tangan untuk membuat lubang pada kayu yang lebih keras, hasilnya akan lebih halus dan rapih.

Bor tangan paling banyak dipakai untuk pekerjaan membuat lubang pen bulat, lubang engsel sendok, pre-drilling sekrup, lubang bantuan untuk membuat lubang pen, dan sebagainya.

2. Circular Hand Saw
Beberapa orang menganggap portabel circular saw hanya untuk membelah kayu atau plywood yang menghasilkan permukaan gergajian kasar. Namun apabila gergaji tangan ini digunakan dengan beberapa bantuan alat seperti klos kayu dan klem pengikat dengan benar, maka bisa menghasilkan garis belah atau potong yang halus tanpa harus membersihkannya dengan ketam atau amplas kayu.
Gergaji lingkaran portabel ini sangat efektif untuk berbagai pekerjaan termasuk membuat alur tidak tembus atau untuk memotong bidang papan sesuai dengan bentuk yang diperlukan.

3. Hand Planer
Ketika anda perlu mengetam beberapa lembar kayu lebar, alat ini akan membantu menghemat waktu dan tenaga daripada menggunakan ketam manual. Dan setelah pengetaman awal, selanjutnya bisa dengan ketam kayu manual untuk kehalusan dan meratakan permukaan papan.
Lebar mata pisau hand planer kebanyakan 82mm, dan ukuran yang lebih besar memiliki lebar 150mm. Anda bisa menggunakan alat bantu ini untuk papan dengan ukuran maksimal 90% lebar mata pisau. Jadi jika hendak mengetam papan dengan lebar 100mm misalnya, sebaiknya gunakan hand planer dengan lebar mata pisau 150mm.
Atau jika anda hanya memiliki hand planer berukuran 82mm, sebaiknya hanya menggunakannya untuk mengetam papan dengan lebar tidak lebih dari 75mm.


Photo: MTGATHER Store/Alibaba


4. Jigsaw
Tidak kalah pentingnya adalah Jigsaw, gergaji dengan sistem mekanis seperti gergaji pita, memiliki satu batang mata gergaji yang digerakkan naik-turun dengan kecepatan tertentu. Jigsaw sangat efektif untuk menggergaji bentuk kurva atau melengkung karena bilah gergajinya relatif kecil dan cukup fleksibel untuk bergerak melengkung mengikuti bentuk potongan yang diinginkan. Selain itu jigsaw juga bisa menggergaji papan yang lebih tebal.
Kelemahannya bahwa Anda tidak disarankan untuk mendorong gergaji terlalu cepat atau dengan tenaga terlalu besar karena bisa membuat mata gergaji melengkung atau bahkan patah karena dorongan berlebihan.


5. Router
Fungsi hand router paling favorit adalah untuk membuat moulding, bentuk profil khusus sepanjang tepi kayu atau sekeliling sisi kayu lengkung. Mata pisau router bisa diganti dengan model profil sesuai desain dan ukuran.

Selain membentuk profil, router bisa digunakan untuk berbagai pekerjaan lainnya.
a. Membuat alur tidak tembus atau lubang dangkal di atas permukaan kayu dengan berbagai ukuran.

b. Membuat alur/groove atau takikkan sepanjang sisi tebal kayu. Biasanya bentuk ini diperlukan untuk membuat kusen kayu atau bagian belakang dinding almari.

c. Membentuk pola khusus, misalnya jika anda ingin membuat bentuk bulan sabit yang diisi kayu dengan warna berbeda pada top meja makan, anda bisa menggunakan router untuk membuat lubang sesuai bentuk pola yang anda rencanakan dan membuat kayu isian sesuai dengan pola yang telah dibuat dengan mesin router.

Jika anda perlu membuat model profil kayu yang lebih banyak, anda bisa membuat meja tambahan untuk memasang hand router pada posisi terbalik sehingga benda kerja yang bergerak.

Photo: CUTTHEWOOD

6. Random Orbit Sander (Hand Sander)
Alat ini lebih banyak berguna untuk persiapan finishing barang jadi. Orbit sander dengan mudah dioperasikan dan sandat mudah untuk mengganti jenis amplas atau tipe kekasaran/kehalusan amplas pada fase yang berbeda sebelum finishing.
Media atau permukaan kayu yang diamplas pun bisa fleksibel, tidak hanya untuk permukaan yang rata, tapi juga untuk permukaan yang agak cembung.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama