16 September 2021

Ribuan Bangku Kayu Jati Ditarik Dari Konsumen Costco

Setidaknya 70.000 bangku kamar mandi terbuat dari kayu jati telah ditarik dari pasaran oleh sebuah peritel besar di Amerika bernama Costco karena bangku tersebut diketahui 'bisa runtuh saat digunakan' menurut 'recall notice' yang diumumkan oleh U.S. Consumer Product Safety Commission website.
Disebutkan bahwa konsumen harus segera berhenti menggunakan bangku kamar mandi yang ditarik kembali (recalled) dan mengembalikannya ke Costco untuk pengembalian dana (refund) penuh. Costco menghubungi semua pembeli secara langsung. Konsumen melaporkan 81 kejadian bangku runtuh saat digunakan atau pecah, termasuk laporan 4 orang terluka karena kejadian tersebut.

Penarikan produk furniture merupakan hal yang cukup lazim dilakukan di Amerika dan Eropa untuk perlindungan konsumen. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari kejadian tersebut, bagi Anda sebagai konsumen maupun sebagai produsen.


Yang paling penting bagi konsumen pada saat membeli furniture, apapun model dan peruntukkannya, beberapa hal berikut akan membantu anda untuk memilih furniture yang aman bagi anda dan keluarga.

Kestabilan dan Kekuatan: Artinya sebuah furniture harus bisa berdiri tegak dan kuat tidak hanya dengan beban furniture itu sendiri, tapi perlu diperkirakan dengan berat tambahan saat digunakan.
Misalnya sebuah rak laci, anda bisa lakukan test sederhana pada laci bagian paling atas dalam keadaan terbuka penuh dan ditekan ke bawah.

Celah Aman: Lebih fokus pada ukuran jari tangan manusia (terutama jari anak-anak) supaya tidak terjebak di celah tersebut. Selama tidak ada celah sebesar 7-12 mm, berarti resiko jari terjepit akan berkurang.

Sudut atau Benda Tajam: Bisa jadi pada sudut kayu atau ujung meja. Kadang pula paku atau sekrup yang tidak sepenuhnya tersembunyi di dalam kayu.

Baca juga: Mengapa Test Produk Perlu Dilakukan Sebelum Produksi

Bagi produsen atau dalam hal ini pabrik pembuat furniture, penarikan produk bisa jadi sebagai sebuah mimpi buruk karena berdampak langsung terhadap reputasi perusahaan dan finansial. Apalagi jika melalui investigasi ditemukan bahwa masalah utama berasal dari proses produksi.
Keputusan penarikan produk juga tidaklah sederhana. Peritel biasanya telah melakukan berbagai prosedur sebelum berakhir pada kesimpulan tersebut. Banyak hal yang bisa ditemukan sebagai penyebab masalah kualitas yang dilaporkan oleh konsumen. Bisa jadi kesalahan desain atau perencanaan struktur furnitur, pemilihan bahan, test awal sebelum produksi massal, atau deviasi selama produksi.
Ini menjadi salah satu tugas berat bagi pabrik kayu dan seluruh tim kerjanya menjaga seluruh proses dari awal perencanaan hingga pengiriman berjalan dengan baik dan teratur.

0 komentar:

Posting Komentar

Most read this week