Kayu Karet (Hevea Brasiliensis)

Botanical Name: Hevea brasiliensis

Family Name: Euphorbiaceae

Kayu Karet, dan oleh dunia internasional disebut Rubber wood pada awalnya hanya tumbuh di daerah Amzon, Brazil. Kemudian pada akhir abad 18 mulai dilakukan penanaman di daerah India namun tidak berhasil. Lalu dibawa hingga ke Singapura dan negara-negara Asia Tenggara lainnya termasuk tanah Jawa.

Pohon karet dibudidayakan dengan tujuan utamanya untuk diambil getahnya sebagai bahan utama karet, hingga sekarang.

Pohon
Pohon karet bisa tumbuh hingga ketinggian 30 meter dan akan mulai diambil getahnya pada umur 5-6 tahun. Secara ekonomis kayu karet sangat efisien karena hanya akan ditebang dan dijadikan bahan baku industri furniture ketika sudah tidak menghasilkan karet. Setelah berumur 25 tahun pohon karet tidak lagi menghasilkan 'latex' sehingga sudah saatnya harus ditebang dan digantikan dengan pohon baru.

Warna Kayu
Kayu karet berwarna putih kekuningan, sedikit krem ketika baru saja dibelah atau dipotong. Ketika sudah mulai mengering akan berubah sedikit kecoklatan.
Tidak terdapat perbedaan warna yang menyolok pada kayu gubal dengan kayu teras. Bisa dikatakan hampir tidak terdapat kayu teras pada rubberwood.

Densitas
Kayu karet tergolong kayu lunak - keras, tapi lumayan berat dengan densitas antara 435-625 kg/m3 dalam level kekeringan kayu 12%.

Pengeringan Kayu Karet
Dengan sistem kiln dry konvensional, pengeringan kayu karet terhitung cepat dengan jarak waktu antara 10-14 hari. Tidak terdapat banyak masalah pada kayu melengkung sejauh penyusunan kayu di dalam KD teratur dengan baik.
Secara keseluruhan, penyusutan kayu karet terhitung kecil, di bawah 2% terutama pada arah Radialnya.

Proses Mesin
Menurut pengalaman proses mesin kayu karet tidak menimbulkan banyak cacat pengerjaan, dan proses assembling ataupun pengeleman juga tidak menimbulkan defect/cacat yang berarti. Pemotongan kayu pada sudut hingga 30o pun tetap halus dan rata.

Kayu karet banyak digunakan sebagai bahan baku furniture di dalam ruangan terutama furniture di ruang dapur. Top table kitchen set, peralatan dapur misalnya tatakan pisau, alat masak dan kursi makan sangat cocok menggunakan bahan baku kayu karet.

Oleh karena itu kebanyakan produsen peralatan dapur memiliki stok kayu karet yang sangat besar. Dengan kondisi minimnya kayu teras pada kayu karet, penanganan jenis kayu ini harus hati-hati dan tepat waktu. Sangat penting sebagai sebuah proses utama pada kayu karet adalah dengan melakukan pengawetan menggunakan bahan kimia agar menghindarkan kayu karet dari blue stain atau serangga pemakan kayu.

Oleh karena itulah setelah penebangan, kayu karet harus segera direndam atau diawetkan dengan bahan kimia tertentu (dikenal dengan nama Borax) agar terhindar dari jamur dan serangga.

additional references:
Rubberboard - India


Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

8 Komentar

  1. kami ada 800 ha kebon karet yg siap ditebang, usia pohon diatas 30 tahun,lokasi cianjur,sistem jual: borong kebon minimal 50 ha, bagi yg minat hub. susanto, 02183412041

    BalasHapus
  2. dengan cara alamiah ada kagak ?

    BalasHapus
  3. Kami ada pohon karet siap tebang area Bulukumba Sulsel,49.000 pohon usia diatas 30 tahun mau dijual. Yang berminat hubungi : sms/telp : 081526046288 WA : 085299282333

    BalasHapus
  4. bagi anda yang punya lahan / kebon karet yang siap ditebang akan kami borong nego harga di lokasi anda
    serius hubungi 082227712359 (pak cahyo)
    janji ketemu survei nego harga eksekusi

    BalasHapus
  5. Bagus pak artikelnya, jadi membuka wawasan orang bahwa kayu bagus tidak hanya kayu Jati. Karena memang kenyataannya penggunaan kayu untuk furniture itu tidak harus melulu kayu Jati, yang penting kokoh dan tahan lama.

    BalasHapus
  6. menurut tumor rubber wood atau kayu karet ini juga sangat bagus untuk di gunakan sebagai panel dinding 3 dimensi

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama