Membuat Kaki Kursi Melengkung

Untuk mengikuti desain dan ukuran ergonomis, kaki belakang kursi seringkali harus dibentuk sedemikian rupa sehingga lengkungannya terlihat lebih baik dan pas dengan sudut yang diinginkan.
Proses pembentukan kaki melengkung tersebut melewati beberapa tahap pengerjaan. Bagi anda yang berkecimpung di bidang produksi pasti sudah mengetahui proses tersebut.

Proses dimulai dari pemilihan papan lebar yang sudah dikeringkan. Ketebalan papan sebaiknya disesuaikan dengan ketebalan bagian kaki yang lurus ditambah dengan spelling untuk mesin ketam dan ampelas. Lebar papan minimal adalah jarak tegak lurus dari ujung kaki lengkung hingga bidang lengkung terbesarnya. Lebih lebar papan akan lebih baik untuk hasil pembelahan maupun penghematan bahan kayu.

S2S
Untuk hasil dan proses yang lebih baik, papan sebaiknya diketam halus pada dua sisinya yaitu sisi lebar dengan ketebalan jadi, dilebihkan 0,5mm untuk proses ampelas. Pengetaman ini akan membantu keakuratan gambar bentuk lengkung pada papan tersebut.


Gambarkan lengkungan yang anda inginkan pada permukaan papan menggunakan skala lengkung 1:1. Mal yang dipakai untuk menggambar pada papan tersebut bisa berupa kertas karton, triplek atau plastik. Apapun bahan yang digunakan sebaiknya yang memiliki sifat stabil dan tidak mudah pecah.

Trik menggambar akan bermanfaat pada proses ini untuk menghemat bahan dengan cara memaksimalkan seluruh permukaan papan agar bisa menghasilkan bentuk lengkung yang dibutuhkan. Namun kendalanya kadang akan terjadi tergantung jenis kayu yang anda gunakan. Kayu yang memiliki banyak cacat bawaan (mata kayu, kayu gubal, bluestain dan lainnya) akan memberikan sedikit kesulitan dan limbah yang berlebih.

Proses selanjutnya adalah pembelahan menggunakan gergaji pita. Arahkan mata gergaji 'DI LUAR' garis sehingga masih terdapat kelebihan lebar untuk limbah proses selanjutnya. Perhatikan pula agar pada saat menggergaji tidak memotong garis kaki lengkung yang lainnya.


Setelah satu persatu kaki terlihat bentuk lengkungnya, penghalusan sisi tebal bisa dilakukan dengan mesin Frais Samping, Copy Shapper, Multi spindle dan mesin amplas tebal. Penghalusan bisa dilakukan satu persatu atau sekaligus 4-10 batang tergantung ketebalan. Untuk hasil terbaik sebaiknya memang sekaligus akan tetapi proses ini membutuhkan mesin mutakhir yang mampu mengikat benda kerja lebih dari satu dan mampu melakukan penghalusan pada ketebalan yang berlebih.
Pada saat menggunakan mesin ini juga bisa dilakukan proses pingul pada sudut kayu. Cukup mengganti jenis pisau saja.

Hal yang perlu diperhatikan pada waktu membuat benda kerja melengkung:
1. Arah serat kayu: Pikirkan pada bagian mana komponen tersebut akan dipasang sehingga arah serat secara estetika dan kontruksi akan menjadi baik.
2. Jarak minimal garis antara untuk setiap benda kerja adalah 5mm untuk spelling penggergajian dan penghalusan.
3. Gunakan alat tulis yang baik dan tajam sehingga tidak mudah terhapus oleh tangan maupun benda lain di ruang produksi.
4. Cacat kayu, hindari dan kurangi limbah sebanyak mungkin dengan membuat garis potong yang baik.
5. Simpan mal di tempat yang aman dari benturan.

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

10 Komentar

  1. Ternyata untuk bikin Kayu melengkung dari papan lebar yang di potong melengkung yah.. saya kirain tadinya dibikin dari kayu yang memang sudah lengkung...

    BalasHapus
  2. Maaf pak, bisa tolong kasih tau adakah jasa pemotongan kayu untuk lengkung ini? Mau bikin untuk mobil saya untuk interiornya pakai kayu yang bisa lengkung.Trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. Pak untuk kerjasama proyek bisakah? bagaimana caranya? trims

    BalasHapus
  4. mohon info... saya ingin menjadi pengrajin sejenis parkit atau flooring, mesin apa saja yang diperlukan? dan perkiraan investnya berapa? trim's

    BalasHapus
  5. untuk pembuatan labersering, menggunakan mesin apa ya? dan berapa harganya yg kondisi bekas?

    BalasHapus
  6. trnyata begitu tohh cara buat kayu melengkung. baru tau saya

    BalasHapus
  7. Kayu lengkungan seperti itu apakah kuat ya? kalau mau liat proses pembuatannya bisa?

    BalasHapus
  8. Bisa kerja sama Pak? kemungkinan saya butuh kursi lengkung.

    BalasHapus
  9. @Baju Wanita Online: Tergantung bagaimana pekerjanya memilih bagian kayu yang akan dipotong. Untuk komponen seperti ini harus dipilih yang berserat lurus dan tanpa mata kayu.

    @Pelatihan Motivasi: Tentangkayu.com tidak memproduksi furniture, hanya memberikan advise dan berbagi pengalaman. Jika anda membutuhkan pabrik atau bengkel yang membuat kursi, kami bisa merekomendasikan.

    BalasHapus
  10. Sy cari tulisan tentang teknik bracing logam yang ditanam pada kaki kursi

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama