Versi Baru Standar Eropa EN 581-1:2017 untuk Furniture Outdoor

BS EN 581-1:2017 baru saja dirilis pada bulan Maret 2017 untuk menggantikan versi 2006. Bagi anda yang belum pernah mendengar tentang standar ini khusus dietrapkan untuk product furniture luar ruangan. Artinya, jika anda menjual produk tersebut di Eropa, produk tersebut harus menjalani beberapa tes fisik maupun mekanis. Sebagai referensi, simak di artikel Standar Test untuk Meja untuk lebih detil.

Dibandingkan versi sebelumnya (EN 581-1:2006), ada berikut ini beberapa contoh perubahan, antara lain:
- Lebih ditegaskan bahwa standard ini hanya diterapkan pada produk yang digunakan oleh orang dewasa
- Terdapat 4 definisi: CONTRACT use, DOMESTIC use, CAMPING use, dan STREET FURNITURE (baru)
- Ketika memeriksa bagian yang bisa diakses pada kursi dan meja (sharp edge misalnya), harus mempertimbangkan bagian ujung atau sudut furniture
- Untuk resiko jari yang terjepit, sekarang hanya diaplikasikan pada lubang pipa (bundar, elips, atau persegi). Celah atau lubang 7-12mm tidak lagi dipertimbangkan.
- Shears & Squeeze pada saat produk digunakan
- Kalimat 'bahaya' pada Shears & Squeeze diganti dengan kalimat 'resiko terluka', karena pada beberapa produk, shears & squeeze masih bisa diterima dengan 'analisa resiko'.
- Jika ada lubang untuk parasol (payung) pada meja dengan top glass, harus dilengkapi dengan komponen yang melindungi kontak langsung antara kaca dan besi.

Anda bisa menghubungi beberapa laboratorium yang memiliki pengalaman tentang tes produk furniture untuk luar ruangan, misalnya SGS, Bureau Veritas, Intertek, API, atau TUV.

Standard revisi baru tersebut telah berlaku sejak diterbitkan dan saat ini beberapa peritel sudah memberlakukan pula terhadap produk yang baru. Dengan perkiraan bahwa produk yang saat ini diproduksi (artikel ini ditulis pada Juni 2017) akan sampai di Eropa pada bulan Januari 2018, sehingga semua produk harus bisa memenuhi tes dengan standard baru ini.

0 comments:

Post a Comment