Jangan Lupa Mengenakan Peralatan Keamanan Ini Saat Bekerja di Bengkel Kayu

Menggeluti hobi pertukangan kayu di rumah sendiri atau di bengkel sendiri tentunya menjadi hal yang sangat mengasyikkan untuk mengisi kegiatan di akhir minggu seperti ini. Tapi mengingat beberapa peralatan tukang kayu cukup berbahaya, ada baiknya anda membiasakan diri untuk senantiasa mengenakan peralatan keselamatan atau PPE (Personal Protection Equipment) di saat bekerja. Perlu sedikit 'paksaan' pada diri sendiri untuk menjadikannya sebuah kebiasaan agar nantinya anda akan merasa tidak nyaman apabila tidak memiliki PPE di tangan anda.

Pakaian Kerja
Hindari pakaian yang 'berkibar' atau mudah terlepas dari badan anda. Gunakan T-Shirt atau Polo Shirt yang nyaman. Di dalam bengkel kerja terdapat banyak peralatan yang menggunakan motor penggerak, bagian-bagian pakain yang 'berkibar' akan mudah tersangkut dan sangat berbahaya bagi keselamatan anda. Bagi anda kaum hawa, lebih baik ikat rambut panjang anda sedemikian rupa agar tidak mudah diterpa angin pergerakan motor alat kerja.

Sepatu
Banyaknya serpihan-serpihan kayu dan peralatan di lantai bengkel kerja sangat berbahaya bagi pergerakan anda. Anda harus menggunakan sepatu kerja yang kuat, kalau bisa yang ber-sol dari kayu atau besi, sehingga apabila anda menginjak benda tajam tanpa sengaja, misalnya paku, sekrup, atau bahkan pahat kayu, sepatu tersebut akan melindungi kaki anda dari sayatan. Pilihan lainnya bisa menggunakan sepatu dengan sol dari karet yang agak keras/kuat.

Masker Debu
Terdapat beberapa jenis masker (respirator) sesuai dengan tingkat kepadatan debu atau jenis partikel di udara bengkel. Tergantung pada proses apa yang sedang dilakukan, apakah di bagian amplas yang cenderung lebih banyak debu dari serbuk kayu, atau di proses finishing yang lebih banyak partikel bahan kimia akibat dari 'over spray' selama proses pengecatan.


Earplug
Apabila anda bekerja di bengkel sendiri yang terletak di area hunian, sebaiknya pastikan dahulu bahwa peralatan yang anda gunakan tidak akan mengganggu lingkungan sekitar dengan kebisingan. Apabila itu bukan hal yang mengganggu, maka gunaikan earplug yang sesuai dengan tingkat kebisingan tersebut.


Kacamata Anti Debu
Bila peralatan kerja anda tidak memiliki alat bantu yang memadai, sehingga debu gergaji atau tatal masih mudah beterbangan tak tentu arah, maka kacamata kerja (googles) sangat penting untuk digunakan.

Semua peralatan keamanan tersebut di atas memang tidaklah sangat nyaman untuk dikenakan, akan tetapi dengan merubahnya sebagai kebiasaan kerja anda, maka resiko paling fatal pun bisa dihindari.

33 comments:

  1. tambah lagi gan,
    sarung tangan yang tebal

    ReplyDelete
  2. saya produsen
    furniture minimalis dan
    tempat tidur mengucapkan terima kasih atas cara yang dipaparkan

    ReplyDelete
  3. Bener banget..pertimbangkan safety saat bekerja di bengkel kayu

    ReplyDelete
  4. salam sukses gan,,,,thanks infonya

    ReplyDelete
  5. semoga bermanfaat kak.salam kenal kak

    ReplyDelete
  6. Ini sudah wajib bagi para pengusaha kayu olahan. Terima kasih infonya. :)

    ReplyDelete
  7. Siap gan laksanakan.Terima kasih infonya.
    Mebel jepara

    ReplyDelete