Fungsi Jaring di bawah 'Conveyor'


Khususnya di ruang finishing yang menggunakan conveyor sebagai salah satu pendukung proses pengeringan, kita akan selalu menemukan jaring besi terpasang di bawah susunan conveyor tersebut. Dalam hal ini conveyor tidak hanya selalu digunakan di ruang finishing furniture kayu, tapi juga di ruang finishing produk rotan bahkan durniture dari besi.

Jaring tersebut memiliki fungsi sebagai berikut:
1. Pengaman untuk para pekerja dari resiko benda kerja yang jatuh dari gantungan conveyor. Produk hanya akan menimpa jaring tersebut.
2. Mengurangi tingkat kerusakan benda kerja karena jarak gantungan dengan jaring lebih dekat daripada jarak gantungan dengan lantai.
3. Pada konfigurasi ruang finishing tertentu, jaring ini digunakan sebagai saluran selang angin ke sudut ruang yang lain sehingga ruang finishing terlihat lebih rapi.

Jaring ini sangat ideal bila dipasang seluas rel conveyor terbentuk. Namun secara efisiensinya, jaring berhenti pada saat rel conveyor mulai menurun.
"Lantai' pengaman tersebut sengaja dibuat dari jaring besi sehingga pekerja masih bisa melihat gerakan benda kerja yang tergantung.

Sebuah investasi yang tidaklah kecil mengingat luas ruang finishing rata-rata lebar. Akan tetapi dengan mempertimbangkan resiko keselamatan pekerja dan kualitas barang dalam jangka panjang, pemasangan jaring bukanlah investasi yang sia-sia.

0 comments:

Post a Comment