Proses Membuat Furniture (3) - habis

Proses Membuat Furniture (1)
Proses Membuat Furniture (2)


Finishing
Pada artikel 1 & 2 pembahasan hanya hingga proses assembling. Proses dasar pembuatan furniture selanjutnya adalah finishing. Finishing merupakan proses pelapisan akhir permukaan kayu yang bertujuan untuk memperindah permukaan kayu sekaligus memberikan perlindungan furniture dari serangan serangga ataupun kelembaban udara.

Dalam beberapa jenis dan tipe furniture, proses finishing harus dilakukan sebelum komponen dirakit. Hal ini dilakukan karena finishing lebih mudah dilakukan sebelum komponen dirakit. Tentangkayu membahas lebih detail tentang finishing pada bagian terpisah.

Packaging
Terlepas dari proses finishing, product dipindahkan ke bagian packing. Di dalam area ini beberapa aksesoris (kunci, handle, rel dll) dan perlengkapan lain dipasang kembali. Jenis-jenis packing yang digunakan juga tergantung pada tujuan akhir dan level kualitas furniture. Lebih mahal dan lebih jauh lokasi pengiriman membutuhkan packaging yang lebih kuat dan lebih cermat.

Seluruh proses tersebut harus dilakukan pada pembuatan furniture untuk mendapatkan kualitas semaksimal mungkin dan pada akhirnya menjadikan kepuasan tersendiri bagi pembeli. Proses menjadi kunci penting untuk keawetan dan kualitas furniture dari kayu. Hasil akhir yang tidak melalui proses lengkap bisa membuat kesan pertama yang menarik akan tetapi tidak bertahan lama.

21 comments:

  1. kami mau tanya,
    skarang ini bnyak skali pangrajin mebel yang menggunakan kayu jati putih,nah untuk membedakan antara kayu jati tua dengan kayu jati putih bgaimana ? setelah di finishing.
    trmakasih

    ReplyDelete
  2. terima kasih informasinya Gan........
    http://tokojati.com/

    ReplyDelete
  3. info yang bgs gan buat proses mebelnya...

    model minimalis kunjungi kami gan.he


    Furniture Jepara

    ReplyDelete
  4. Artikel yang menarrik... thanks... :)

    ReplyDelete
  5. banyak ilmu yang saya dapat tentang kayu terima kasih
    http://www.furnitureofhome.com

    ReplyDelete
  6. wah keren banget
    www.dipanminimalis.com

    ReplyDelete
  7. terima kasih gan
    www.bufettv.com

    ReplyDelete
  8. SYIFA: Biasanya akan keliatan kok dari perbedaan warna..kecuali ketika di finishing warna hitam.. paling susah ketika jati putih itu di berikan zat kimia.. ada obat ketika kayu jati ini dilaburi dengan obat ini akan berubah warna menjadi coklat tua seperti yg sering kita jumpai di jati2 tua..

    ketika pake cara yg ini agak susah di bedakan krn obat ini masuk sampe 4 mm.. bahkan ketika di gosok amplas pun gak bakal ilang.

    ReplyDelete
  9. Diperlukan proses yang berulang ulang untuk mendapatkan hasil furniture yang berkualitas salam Kamar Set

    ReplyDelete
  10. Dengan proses produksi yang teliti akan menghasilkan produk Furniture Meja yang berkualitas

    ReplyDelete
  11. tempat tidur anak yang bagus dari kayu apa ya?

    ReplyDelete
  12. wadduuhh rame nya mebel jepara banyak yg komen.. Heheheee

    ReplyDelete