Fleksibilitas Pintu dengan Engsel Sendok

Inilah keunggulan utama engsel sendok dibanding dengan engsel yang lain. Kita bisa mengatur posisi pintu terhadap papan samping atau body utama almari pada 3 arah yaitu ke samping kanan/kiri; arah atas/bawah dan arah ke dalam/luar kabinet. Semuanya ini mungkin dilakukan karena konstruksi engsel sendok.

Sebagai awal sebaiknya kita mulai dengan mengetahui bagian-bagiannya.

Kepala Engsel ; bagian yang menempel pada pintu memiliki 2 baut penting yaitu baut yang mengatur ketinggian dan kedalaman pintu. Baut A adalah pengatur ketinggian dan baut B adalah pengatur kedalaman sekaligus sebagai pengikat kepala engsel ke rumah engsel.
Rumah engsel ; sebagai bagian yang menempel pada (biasanya) dinding samping almari. Pada produk yang mutakhir, lubang sekrup rumah engsel diperpanjang agar peletakannya pada dinding samping lebih leluasa.

Mengatur Posisi Pintu pada arah:

Kanan/Kiri: Apabila pintu miring ke kanan dengan posisi atas pintu lebih banyak di sebelah kanan posisi anda, pada engsel paling atas ; kendorkan sedikit baut B - putar/kencangkan baut A - kencangkan kembali baut B - lakukan langkah yang sama apabila masih terjadi kemiringan.






Atas/Bawah: Kendurkan baut C - gerakkan daun pintu ke atas/bawah - kencangkan kembali baut C pada bagian atas dan bawah.







Dalam/Luar: Kendurkan baut B - gerakkan kaki engsel pada daun pintu ke dalam/luar hingga posisi yang diinginkan - kencangkan kembali baut B.






refr: Rockler

0 comments:

Post a Comment