Memilih Bahan Kayu untuk Kursi

Beberapa bagian khusus pada kursi berfungsi menahan beban dan tekanan pada saat kursi digunakan. Oleh karena itu memilih bahan baku kayu harus dilakukan secara hati-hati dan teliti. Tidak boleh asal memilih apalagi kursi adalah sebuah perabot rumah dan kantor yang sangat rentan dengan keselamatan konsumen saat pemakaian.
Perlu anda ketahui bahwa sebelum membuat kursi dalam produksi massal, pabrik besar dan buyer melakukan test di laboratorium khusus agar mereka yakin bahwa kursi yang akan diproduksi nanti akan berkualitas baik dan tidak membahayakan konsumen.

Sebagai awal proses, ketika kita telah berhasil memilih bahan baku komponen kursi dengan baik berarti setengah langkah untuk membuat kursi berkualitas telah dilewati. bagi anda pada bagian pembahanan dan kontruksi sebaiknya mengetahui jenis dan bagian kayu yang baik untuk kursi sebagai berikut:

  • Gunakan kayu yang keras untuk komponen bagian kaki belakang, kaki depan dan rail di bawah dudukan.
  • Pilih serat yang lurus terutama untuk kaki belakang.
  • Apabila anda tidak bisa menghindari mata kayu sebaiknya jangan letakkan mata kayu terlalu dekat dengan sambungan; terutama sambungan kaki belakang dengan rail apron. batasi pula ukuran mata kayu yang dipergunakan.
  • Sapwood akan selalu ada pada stok kayu anda, untuk memanfaatkannya, cukup gunakan pada dudukan atau jeruji sandaran. Bagian-bagian ini tidak menahan beban besar.
  • Jangan gunakan kayu berserat miring atau pendek. Hal ini beresiko komponen mudah pecah dan kursi akan patah, berbahaya bagi konsumen.

Apabila anda telah melalui proses ini dengan baik, langkah selanjutnya memilih penggunaan jenis kontruksi yang akan digunakan.

0 comments:

Post a Comment