Earplug

Masih banyak pekerja di pabrik furniture khususnya di area mesin kayu yang masih belum sepenuhnya menyadari fungsi dan manfaat pemakaian pengaman pendengaran pada waktu bekerja. Walaupun manajemen pabrik sudah menyediakan earplug untuk masing-masing pekerja namun tidak lebih dari 50% yang menggunakannya.
Akibat dan resiko terhadap fungsi pendengaran memang tidak akan terlihat dalam waktu singkat dan mungkin ini yang menjadi alasan. Lalu, apakah perusahaan sebenarnya sudah memilih earplug yang sesuai dengan lokasi pekerjaan?

Tingkat kebisingan bisa diukur dalam satuan decible menggunakan alat khusus. Keterangan rinci untuk ukuran standar yang diijinkan bisa dilihat pada AMDAL.

Jenis earplug tergantung pemakaian dan lokasi. Model yang terbuat dari busa berbentuk bundar untuk diselipkan pada lubang telinga termasuk yang paling nyaman untuk dipakai tapi daya tahannya terhadap kebisingan tergolong rendah. Umumnya earplug ini digunakan oleh pekerja yang tidak ada kontak langsung dengan mesin produksi tapi bekerja sangat berdekatan dengan mesin.

Earplug untuk operator mesin sebaiknya model yang menutup keseluruhan daun telinga karena jenis ini memiliki kemampuan menahan kebisingan di atas 80 Db dengan baik.

Resiko menggunakan earplug.
Sebaiknya earplug dipakai secara terus menerus maksimal 2 jam. Harus dibuka beberapa saat untuk memberikan ventilasi udara pada telinga. Selain itu pula jangan menggunakan earplug terlalu ketat yang bisa menyebabkan iritasi kulit di sekitar daun telinga atau pada rongga gendang telinga.

0 comments:

Post a Comment