Solusi Pelebaran Papan tanpa Garis Alur



Menyusut, melengkung dan retak menjadi masalah utama kayu solid ketika kita ingin menggunakannya untuk bidang lebar. Oleh karena itulah dibuat papan buatan. Kami sering menerima pertanyaan tentang bagaimana jika ingin membuat meja makan yang daun mejanya terbuat dari kayu yang solid tanpa celah, rata dan mulus.

Risiko membuat bidang lebar dari kayu solid sangat besar akan tetapi apabila dalam pengerjaannya kita lakukan dengan langkah yang benar dan tepat, keinginan tersebut akan bisa dipenuhi.

Dalam beberapa contoh kasus produsen menggunakan sistem pelebaran papan dengan cara finger join + laminating. Cara ini efektif dan tepat namun ada sedikit kekurangan bahwa pelebaran papan hanya bisa dilakukan paling lebar 25 cm untuk mengurangi resiko melengkung.

Pada saat ada kesempatan berkunjung ke sebuah pabrik furniture 2 minggu yang lalu, di dalam area produksi terlihat para pekerja sedang memproses sebuah meja makan dari kayu solid Akasia yang dilaminating. Mereka menggunakan metode yang sangat bagus dan sederhana untuk mengurangi risiko melengkung pada pada daun meja. Mereka membuat alur selebar 3-4 mm pada sisi bawah daun meja searah dengan serat kayu.
Alur ini berfungsi sebagai 'ruang' saat kayu bergerak karena penyusutan sehingga serat tidak saling 'tarik-menarik'. Selain itu sebagai penguat juga ditambahkan kayu penyangga dengan posisi vertikal melintang arah serat kayu.

Cara tersebut sudah dilakukan selama bertahun-tahun dan menurut pengamatan dari sampel yang mereka miliki di gudang dan di luar ruangan ternyata memang masih dalam kondisi baik.

Bagian yang paling sulit dari proses ini adalah bagaimana menyambung bidang kayu selebar hampir 1 meter. Setelah itu barulah alur dibuat berjarak kurang lebih 25 cm dengan menggunakan circle saw.

Bagi anda yang saat ini mengalami masalah yang sama, silahkan mencoba cara ini dan apabila seluruh proses dari pengeringan, perakitan, jenis lem dan ukuran potongan kayu yang disambung sudah dilakukan dengan benar maka hasil yang akan anda peroleh pasti memuaskan.

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama