Penggunaan Mesin Bor Tidak Tepat

Minggu lalu kami mengunjungi sebuah pabrik kayu yang sedang membuat mainan untuk anak-anak. Pabrik tersebut memiliki beberapa mesin dasar kayu yang usianya mungkin sudah lebih dari 15 tahun dan sangat tidak terawat. Kondisi tersebut sebenarnya sangat disayangkan mengingat produk untuk anak haruslah sangat hati-hati dalam proses pengerjaanya. Yang paling menarik adalah mesin bor vertikal yang mereka gunakan untuk membuat takikkan pada kayu seperti gambar di atas. Selain mesin bor bukanlah mesin yang tepat untuk jenis pekerjaan tersebut, mata bor yang mereka gunakan juga bukan alat yang tepat untuk membuat takikan. Itu adalah mata bor untuk engsel sendok yang seharusnya tidak ada pergerakan ke samping karena akan sangat berbahaya bagi operator mesin.

Kami melihat pekerja menurunkan mata bor perlahan-lahan hingga kedalaman yang diinginkan, sebelum kemudian di menggeser benda kerja searah takikan. Mesin yang tepat untuk membuat konstruksi tersebut adalah mesin router atau frais atas yang memiliki mata pisau khusus untuk pergeseran ke samping karena terdapat mata pisau di sisi luarnya. Dan dengan mesin router/frais atas hasilnya akan terlihat lebih rapi karena putaran mesinnya (rpm) jauh lebih tinggi daripada mesin bor vertikal.

Dan mengenai aspek keselamatan, penggunaan mesin tersebut sangat berpotensi tinggi menyebabkan kecelakaan kerja. Jika saat ini mungkin anda melihat atau pernah melakukan hal yang sama, kami merekomendasikan untuk segera memperbaiki kebiasaan buruk tersebut.

0 comments:

Post a Comment