Proses Membuat Briket Kayu


Tentang Kayu berkesempatan mengunjungi sebuah pabrik furniture di kawasan industri mebel di Vietnam. Satu hal menarik yaitu adanya aktivitas pembuatan briket kayu dari serbuk gergaji dan tatal sisa produksi mereka selama periode 6 bulan terakhir. Ternyata mereka mengumpulkan serbuk tersebut pada satu tempat khusus untuk memproduksi briket.

Pabrik ini memiliki satu mesin khusus pemroses briket, hanya saja sayang sekali kami tidak sempat mencatat merek maupun produsen mesin tersebut.

Berikut ini kami berikan kepada anda tentang proses sederhana pembuatan briket kayu tersebut, yang meliputi beberapa proses antara lain:

Pengumpulan Tatal.
Bahan utama menggunakan tatal dari mesin serut atau mesin multi-spindle yang ukuran tatalnya agak besar dan tidak terlalu halus. Tatal tersebut diletakkan di sebuah gudang terbuka tapi aman dari hujan dan angin.
Terdapat pula petugas khusus yang membersihkan area tersebut dari benda-benda keras seperti logam atau bebatuan.


Pengeringan
Proses ini tidak menggunakan mesin oven sebagaimana mengeringkan kayu, tetapi lebih terlihat seperti diangin-anginkan sehingga tidak terlalu lembab. Mereka memiliki bak penampung khusus untuk tatal yang kering dan siap dipress.


Pressing
Dengan menggunakan keranjang seorang pekerja memasukkan tatal ke dalam mulut mesin pressing. Tatal harus diperiksa dalam keadaan kering, tidak basah atau lembab sehingga mempercepat proses pengeringan setelah pressing.
Kurang lebih 2-3 menit, pada pipa output mesin tersebut mulai terlihat batangan-batangan briket kayu yang telah terpotong sesuai ukuran standardnya. Briket telah terbentuk persegi seperti batu bata.




Packing
Satu orang pekerja telah mempersiapkan plastik packing di area output. Briket harus segera dipacking setelah keluar dari mesin agar tetap kering dan terpengaruh kelembaban udara.


Sama sekali tidak terlihat adanya bahan kimia maupun bahan tambahan lainnya di dalam mesin pressing tersebut. Proses berjalan dan pembentukan batangan briket murni dari pengpresan dalam suhu panas tertentu.
Suatu aktivitas yang sangat menarik apabila bisa dikembangkan di Indonesia.

Pabrik ini mengekspor briket tersebut ke Jerman dan Austria.

25 comments:

  1. agar serbuk kayu tersebut dapat menyatu pada saat pengepresan, apakah di perlukan lem khusus?
    thanks,
    adhy

    ReplyDelete
  2. rekan Adhy, kebetulan kami tidak melihat adanya material sejenis lem di lokasi. Spertinya pembentukan tatal memanfaatkan panas dan tekanan mesin.

    ReplyDelete
  3. mas, briket seperti ini sudah dikembangkan juga loh di indonesia,tapi memang pemasarannya belum luas. . . :)

    saya suka postingannya, sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete
  4. Didalam kayu ada zat yg disebut lignin. Setelah mengalami pemanasan, lignin bersifat sebagai perekat. Briket seperti foto di atas harus mengalami proses karbonasi sebelum jadi briket siap bakar.

    ReplyDelete
  5. Kalo boleh tahu, apa nama pabrik furniture di Vietnam itu? Saya cukup tertarik dengan postingan ini

    ReplyDelete
  6. Kami perusahaan technical support recycle product salah satunya pengolahan limbah kayu jadi briket, pada proses kami disaat produksi briket kayu perlu kami tambahkan perekat khusus mengingat tidak semua jenis kayu mengandung lignin dan lalu dilakukan briquetting dengan suhu panas dan tekanan tertentu sehingga menghasilkan briket yang mencapai 5.000 kcal yang berminat dengan teknologi kami silahkan hubungi saya di diki.martin@gmail.com

    ReplyDelete
  7. bagi yang membutuhkan lem perekat yang handal,murah,tahan air dan cuaca untuk bambu laminasi silahkan hub.085221785203

    ReplyDelete
  8. Wah mantep banget nich info nya, Terima kasih agan,,,,,,,,,,,,,,,
    Tips yang bermanfaat… trimakasih…

    Jati Jepara

    Kami menjual dan menerima pemesanan furniture Jepara dengan desain khusus dari anda. untuk info selanjutnya

    silahkan klik www.tokojati.com atau www.furniturejeparajati.com

    Jati Jepara
    Mebel Jepara
    Tempat Tidur Minimalis
    Furniture Kamar Tidur

    ReplyDelete
  9. Saya ada bahan baku sisa produk kayu sengon dari pabrik2 pengolahan kayu kami sendiri. Silahkan yg minat bisa hubungi di 085293525000 (dedi) lokasi ajibarang purwokerto, wonosobo dn sekitarnya. Suwun...

    ReplyDelete
  10. beli mesin kayak bgtu harganya brpaan yah ? dn belinya dmna ? yg tahu tolong beri tahu saya yah :)

    ReplyDelete
  11. Perusahaan kami memproduksi pintu,kusen,jendela,dll. material kayu yg digunakan adalah kayu merbau. Setelah proses produksi, sampah yg dihasilkan berupa serbuk,tatal kayu cukup melimpah. Yg ingin saya tanyakan apakah sampah hasil produksi kayu merbau bisa di buat briket? Mengingat kayu merbau terdapat kandungan sulfur/belerang. Mohon email ke beta_uniq@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  12. Saya Bagian Purchasing. dan saya sedang mengajukan pengganti boiler solar dengan briket kayu. mohon kirimkan info, produsen atau perusahaan tersebut.
    bayu@snunggul.co.id

    ReplyDelete
  13. mau nanya nih .. Briket ini kuat sampai berapa lama ? Thanks

    ReplyDelete
  14. saya banyak stok serbuk kayu ni link nya http://limbahdarikayu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  15. kami membutuhkan mesin u/pembuatan briket dari serbuk kayu dari hasil sanding pabrik plywood.mohon info nya atau dapat menghubungi kami di 0294 5704608 atau 081328007054

    ReplyDelete
  16. bisa minta link tentang proses pembuatannya mas?

    ReplyDelete
  17. kami adalah supplier serbuk gergaji / sawdust 50 - 100 ton / hari http://serbukgergajisawdust.blogspot.com/

    ReplyDelete
  18. PT. KAYU MANIS PERDANA said:
    17

    kami membutuhkan mesin u/pembuatan briket dari serbuk kayu dari hasil sanding pabrik plywood.mohon info nya atau dapat menghubungi kami di 085643616661

    ReplyDelete
  19. kami membutuhkan mesin u/pembuatan briket dari serbuk kayu dari hasil sanding pabrik plywood.mohon info nya atau dapat menghubungi kami di 085643616661

    ReplyDelete
  20. Cara kerja mesin bagaimana ya? Saya punya banyak bahan serbuk kayu

    ReplyDelete
  21. Sy punya serbuk dlm jumlah bnyk jika ad yg bisa kerja sama daerah SBY dan skitr Y hp.082257548410..(wA) mksih..

    ReplyDelete
  22. Sy bisa siapkan serbuk sengon dlm jumlah banyak jika ad yg bisa kerja sama hp.082257548410 sby.dn sekitar y

    ReplyDelete