Finger Joint

Kita perlu tahu dahulu apa yang dimaksud dengan finger joint dan alasan apa sehingga konstruksi ini begitu disukai oleh (terutama) para produsen furniture dengan skala kapasitas produksi menengah ke atas.
Sambungan perpanjangan kayu pada umumnya menggunakan pen & lubang, dowel atau dengan lidah berkait. Pada kayu dengan ukuran kecil konstruksi ini kurang optimal. Finger joint memiliki prinsip dasar yang sama dengan sambungan gerigi.

Sambungan finger joint menggunakan bentuk (bisa dikatakan sebagai lidah dan alur) yang seperti pertemuan jari jemari kita. Selain proses kontruksinya cepat dan mudah, panjang 'pen' tidak perlu terlalu panjang sehingga tidak banyak membuang kayu.
Kelebihan lain dari kontruksi ini adalah proses persiapan konstruksi yang cepat dan mudah. Terdapat pisau khusus untuk mesin spindle moulder, ada juga mesin khusus untuk membuat finger joint.
Banyaknya 'jari' dan garis sambungan memberikan permukaan bidang lem yang lebih luas sehingga konstruksi lebih kuat. Ini sebuah kelebihan paling besar pada finger joint.

Satu-satunya kelemahan konstruksi ini adalah apabila proses pembuatan konstruksi tidak presisi dan terdapat banyak pecah pada ujungnya sehingga pada saat sambungan direkatkan akan terlihat celah di antara ujung sambungan. Pada proses yang baik celah tersebut akan terisi dengan lem. Defect lain yang bisa terlihat adalah adanya garis (glue line) pada sambungan arah memanjang. Garis ini akan nampak apabila tekanan yang diberikan pada saat perakitan tidak cukup kuat untuk menahan kedua bidang finger joint.

Equipment
Konstruksi finger joint memerlukan mesin dan peralatan khusus. Mesin pertama adalah mesin untuk membuat konstruksi pada ujung arah panjang komponen. Pada proses ini setidaknya komponen sudah dibelah dan dipotong pada ukuran yang kurang lebih sama, tapi tidak perlu melalui proses mesin ketam.
Kemudian pada proses perakitan, diperlukan mesin khusus untuk assembling pada arah memanjang (mesin ini juga bisa untuk arah pelebaran). Peralatan khusus pada mesin ini adalah fungsi press. mesin tersebut bisa diatur akar penekanan pada benda kerja cukup sehingga hasil sambungan menjadi baik. Setelah kering, sambungan bisa diproses melalui mesin standar lainnya (thicknesser, planner atau multi spindle).


Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada sambungan finger joint:
  • Gunakan sebaik mungkin ukuran komponen yang mendekati, tidak terlalu banyak perbedaan ukuran dalam satu batang sambungan.
  • Untuk jenis kayu yang memiliki banyak perbedaan warna, pilih dahulu warna yang sesuai sebelum membuat konstruksi.
  • MC (Moisture Contents) harus selalu terjaga baik.
  • Minimal 2 sisi kayu harus terpotong/terserut menjadi permukaan halus.
  • Tekanan yang diberikan pada waktu menyambung tidak perlu terlalu besar, yang penting ujung finger joint sudah terhubung dengan baik.

Konstruksi
Mempertimbangkan efisiensi, kekuatan dan teknologi pada finger join, maka konstruksi ini banyak digunakan. Ukuran lebar dan panjang finger joint sudah diatur pad amata pisau untuk mesin. Yang perlu disesuaikan adalah posisi pisau pada permukaan daun meja mesin.
Finger joint digunakan pada arah lebar, lebih sering untuk arah memanjang untuk membuat sambungan.


pics resource: cheyennesales.com

0 comments :

Tuliskan pendapat anda...