Pemotongan Lembaran Plywood

Memotong papan buatan, terutama plywood/multiplek jika tidak dilakukan dengan tepat akan memberikan hasil yang kurang memuaskan. Lapisan vinir tipis paling luar sangat mudah terkelupas terutama oleh efek putaran gergaji apabila pemotongan tidak dilakukan dengan benar.

Layout Pemotongan
Ukuran standar plywood yang lazim digunakan saat ini adalah 2440 x 1220mm; dan 1800 x 900mm. Susunan arah serat pada kedua jenis ukuran tersebut sama, yaitu searah dengan ukuran panjang. Dengan kondisi tersebut, maka perlu direncanakan dengan baik arah pemotongan maupun langkah2 pemotongan plywood.

Pada produksi dengan jumlah kecil layout pemotongan bukanlah prioritas utama. Sedangkan bagi pabrik yang memproduksi misalnya: perabotan kantor, meja TV, almari dan kabinet dapur secara massal, perencanaan matang sangat diperlukan.

Definisikan ukuran dan bagian perabot yang anda perlukan dan gambarkan pada layout plywood. Cari dahulu komponen yang memiliki ukuran lebar paling besar (misalnya top table) baru gambarkan komponen papan yang lebih kecil.
Usahakan agar komponen yang memiliki lebar sama atau mendekati berada dalam satu alur ke arah panjang. Tujuannya adalah agar proses pembelahan plywood lebih cepat dan menghasilkan hasil potongan yang baik dan halus.

Tips pemotongan plywood
1. Hindari pemotongan melintang arah serat vinir. Selain kurang efisien juga akan beresiko ujung potongan kasar.
2. Gunakan bilah gergaji dengan konfirgurasi mata yang sesuai untuk plywood. Mata gergaji untuk plywood biasanya memiliki susunan kombinasi, sudut dan jumlah tertentu untuk mengoptimalkan hasil potongan.
3. Apabila anda memotong menggunakan Table Circle Saw: Letakkan permukaan yang baik di atas.
4. Apabila anda memotong menggunakan Portable Circle Saw: Letakkan permukaan yang baik di bawah.
5. Belah salah satu bagian sisi panjang dan sisi lebar (± 10 mm) untuk menghaluskan sisi luar plywood agar didapatkan garis potongan yang baik. Tidak semua plywood yang datang dari pabrik memiliki sisi luar yang lurus dan juga biasanya ada cacat karena benturan pada saat pengiriman.
6. Tempelkan selotip sepanjang garis potong untuk menahan vinir agar tidak terkelupas. Cara ini tidak direkomendasikan untuk pemotongan dalam jumlah besar karena akan memperlambat proses. Untuk jumlah kecil dan produk berkualitas tinggi sangat disarankan.
7. Tempelkan selembar panjang papan kayu solid atau plywood di bagian bawah lembaran yang akan dibelah. Hal ini sama fungsinya dengan selotip namun lebih kuat dan stabil.
Untuk tujuan yang sama bisa pula dilakukan pemotongan top vinir menggunakan pisau cutter atau paku agar serat kayu tidak rusak.

1 comment:

  1. Terima kasih tipsnya...sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete