Respirator untuk Pabrik Furniture Kayu

Sebagai suatu standar untuk perusahaan kayu yang sedang dalam proses audit ke standar internasional ISO misalnya, penggunaan masker (respirator) sudah menjadi kewajiban mutlak. Bahkan ketika saya menjalankan audit pada suatu perusahaan furniture beberapa waktu yang lalu, manajemen perusahaan diwajibkan untuk menyediakan masker bahkan bagi para tamunya yang hanya berkunjung selama maksimum 2 jam.

Jika anda pernah berkunjung ke pabrik furniture di Indonesia anda akan melihat berbagai jenis masker digunakan oleh para pekerja. Beberapa tipe mirip masker untuk para ahli medis hingga masker yang dibuat dari selembar kain dan dibalutkan ke mulut dan hidung.

Tanpa mengindahkan masker-masker tersebut disediakan oleh perusahaan atau tidak, bagaimana kita melihat fenomena tersebut? Bagaimana kita tahu bahwa masker tersebut akan benar-benar berfungsi?

Kesadaran
Dalam setiap kunjungan saya ke pabrik furniture, rata-rata hanya 30% dari seluruh pekerja menggunakan masker dan sisanya tidak memiliki dengan berbagai alasan karena sedang dicuci, tidak disediakan oleh manajemen perusahaan. Alasan paling banyak adalah karena panas dan tidak nyaman ketika sedang berdiskusi dengan rekan kerja di ruang produksi.
Sangat sedikit dari mereka benar-benar menyadari pentingnya menggunakan masker. Itupun belum diberikan instruksi tentang jenis masker yang paling tepat.

Jenis yang berbeda untuk ruang yang lain
Idealnya masker digunakan pada tempat yang tepat dengan jenis yang tepat. Tidak ada gunanya apabila kita menyarankan pekerja mengenakan masker penahan debu di area finishing, begitu pula sebaliknya.

Masker yang tepat untuk area produksi, sawmill, ruang ampelas atau ruang lain yang berdebu adalah jenis N95 yang berarti menyaring 95% dari berbagai jenis partikel minyak atau non-minyak. jenis ini tergolong ringan, mudah dibawa dan berventilasi yang baik.


Khusus untuk ruang finishing atau yang banyak terdapat partikel bahan kimia di udara, masker yang paling tepat adalah jenis R100 yang memiliki daya tahan minimum 99,97% dari partikel minyak atau non-minyak. jenis ini sangat cocok untuk pekerja di ruang finishing dan gudang bahan kimia (gudang bahan finishing).

Ketika anda sudah memilih jenis masker yang tepat untuk karyawan anda atau untuk anda sendiri, pilihlah desain masker yang memiliki tali pengikat fleksibel sehingga nyaman bagi anda untuk memasang maupun melepasnya.
Masker baik untuk dikenalan tapi kurang baik apabila terlalu lama. Bukalah masker anda setiap 2 jam sekali untuk memberikan relaksasi pada otot bagian muka. Atau apabila memungkinkan keluar dari ruangan tempat bekerja selama kurang lebih 5 menit untuk melepas masker tersebut.

2 comments :

Tuliskan pendapat anda...