Label Penting untuk Gudang Finishing

Semua bahan finishing yang dipakai untuk furniture kayu adalah bahan berbahaya baik itu bagi kesehatan manusia, lingkungan maupun keselamatan kerja. Terdapat beberapa label sesuai dengan fungsi dan arti masing-masing yang harus terdapat di area gudang penyimpanan bahan finishing. Label-label tersebut seharusnya sudah disediakan oleh penjual bahan kimia finishing dan ditempelkan pada setiap kemasan produk finishing.

Label-label penting tersebut antara lain:
Flammable : Label in HARUS selalu ditempel pada setiap drum dan pail thinner, bahan NC, PolyUrethane dan lainnya. Untuk lebih memberi peringatan awal pada setiap karyawan di ruang finishing tanda ini bisa digantung di setiap pintu masuk ruang finishing.

Corrosive : beberapa bahan finishing bersifat sangat keras dan berakibat buruk terhadap material besi atau plastik. Bahkan sangat berbahaya untuk kulit kita.



No Smoking: Ini adalah sebuah syarat mutlak untuk dipasang di semua pintu masuk pabrik furniture karena sifat kayu yang mudah terbakar, apalagi di ruang finishing tanda ini sangat dibutuhkan.

Toxic : Terutama pada bahan khusus yang tidak memiliki kemasan istimewa.

Penting sekali untuk diperhatikan di area gudang finishing agar tidak menggunakan kemasan dengan sembarangan. Apabila anda ingin menyimpan thinner tidak boleh disimpan di dalam bejana plastik, lebih baik di dalam bejana logam atau kaleng.

Sebaliknya apabila memiliki stok bahan finishing dari waterbased lacquer, jangan menyimpannya di dalam bejana kaleng. Sifat air akan membuat kaleng berkarat dan merusak formula bahan finishing waterbased di dalamnya.
Pemasangan beberapa label tersebut adalah bagian dari audit tentang lingkungan dan keselamatan kerja. Dengan menimplementasikan semua label di atas berarti pabrik telah memenuhi sebagian dari standar keselamatan untuk pabrik furniture.

Mengapa label-label tersebut sangat penting? Yang memasuki ruang finishing belum tentu 'hany' mereka yang bertanggung jawab terhadap gudang finishing tapi besar kemungkinan karyawan dari divisi lain yang tidak mengerti sama sekali tentang beberapa jenis bahan kimia di dalam ruangan tersebut. Label tersebut akan membantu mereka untuk menghindari bahaya yang mungkin bisa timbul.

0 comments:

Post a Comment