Bagian Penting Mesin Gergaji Belah

Mungkin lebih tepatnya akan saya sebut mesin gergaji belah karena desain dan fungsi mesin dasar ini adalah untuk membelah papan atau lembaran plywood. Dengan berbagai modifikasi pada alat penghantar, jenis gergaji dan meja kerja, mesin gergaji belah bisa anda gunakan untuk memotong kayu. Gergaji belah digunakan untuk membelah kayu pada ukuran yang cukup presisi.

Toleransi ukuran hanya disisakan antara 1 - 2 mm. Bahkan pada penyetelan dan pengoperasian mesin yang benar akan menghasilkan hasil penggergajian yang sangat halus dan hanya perlu proses pengamplasan.


Bagian penting mesin gergaji belah:
1. Meja kerja: tempat meletakkan benda kerja yang akan dibelah. Jangan meletakkan benda kerja yang tidak dimaksudkan dikerjakan pada mesin. letakkan benda kerja lainnya di dalam pallet terpisah.

2. Penghantar: berfungsi untuk menghantarkan benda kerja ke arah yang berlawanan dengan putaran gergaji. Penghantar ini harus senantiasa siku (bersudut 90°) terhadap meja kerja.

3. Bilah gergaji: gergaji belah dengan bentuk mata gigi khusus di desain untuk membelah kayu. Terhubung pada motor penggerak yang terletak di bawah meja kerja.

4. Pisau Belah: Berfungsi untuk menahan lemparan balik dari putaran bilah gergaji. Jarak antara pisau belah dengan lingkaran paling luar gergaji harus diatur pada jarak yang tepat antara 2-4 mm. Pisau belah juga berfungsi agar bilah gergaji tidak terjepit pada waktu kita membelah kayu yang panjang sehingga bisa mengurangi resiko burnt mark pada kayu hasil pembelahan.
Pisau belah harus lebih rendah 3-4 mm dari ujung paling tinggi gergaji sehingga benda kerja bisa dengan lancar dibelah.



5. Penutup gergaji: Digunakan sebagai alat pengaman dan pelindung mata gergaji terutama pada waktu membelah kayu yang tebal. Pengaman ini sebaiknya selalu diletakkan di atas gergaji pada waktu mesin dijalankan karena juga bisa berfungsi untuk menahan lemparan balik.
Apa itu lemparan balik?
Sesuai dengan arah putaran gergaji, terdapat daya dorong yang kuat ke atas permukaan meja. namun hal ini telah dihindari dengan adanya pisau belah. Penutup gergaji membantu apabila ada serpihan kecil yang bisa 'lolos' dari pisau belah sehingga melindungi operator.
Penutup ini juga berfungis untuk menghisap debu atau serbuk gergaji karena terhubung langsung dengan dust collector.

6. Pengatur ketinggian gergaji: Untuk menentukan ketinggian bilah gergaji sesuai dengan ketebalan kayu/papan yang akan dibelah.

7. Pengatur Sudut: Mengatur sudut kemiringan bilah gergaji untuk membelah kayu dengan sudut kemiringan tertentu.

Catatan: Lokasi dan desain bagian-bagian mesin bisa berbeda pada merk tertentu.

download artikel

10 comments:

  1. Salam kenal,
    Mantaf tulisannya.. sangat membantu..
    Mohon ijin nambahin dikit ya bro admin..
    Yang sering terjadi dilapangan adalah kesalahan kapasitas menggunakan mesin gergaji.
    Secara umum dapat dibuat patokan :
    - Memotong kayu keras kapasitas mesin adalah 1cm/750watt (1cm/1hp) yaitu bila e-motor mesin 5hp kemampuan mesin untuk memotong kayu keras hanya 5cm.
    - Memotong kayu lunak kapasitas mesin adalah 2cm/750watt (2cm/1hp) yaitu bila e-motor mesin 5hp kemampuan mesin untuk memotong kayu lunak hanya 10cm.
    Angka diatas hanya patokan kasar, karena bila mata circular saw tumpul, kondisinya menjadi lain, karena membutuhkan tenaga lebih dari e-motor.

    Untuk faktor keamanan dan hasil yang baik, sangat disarankan untuk menaikkan mata circular saw lebih tinggi 2-5mm dari ketebalan kayu yang akan dipotong.
    karena bila menaikkan mata circular saw lebih dari 5mm, sangat berbahaya bila operator lengah (jari tangan bisa putus).

    Salam,
    indopowertools.com

    ReplyDelete
  2. tolong kirimkan saya harga dan spesifikasi mesin peralatan tukan terkini beserta gambarnya ke alamat email berikut : koritelu.yotha@gmail.com

    jangan lupa cara pemesanannya.
    trims.

    ReplyDelete
  3. Taruhlah analogi hitungan mengenai yg ditulis indopowertool benar, namun electro motor yang banyak beredar di pasaran tidak semua HP yang tertera tidak sepenuh sesuai.

    Salam

    ReplyDelete
  4. harga berapa bos? kirim info ya... 081567666955

    ReplyDelete
  5. ada kenal team chainsaw buat bikin kayu blambangan di papua ? ijin lengkap, tiket dll kami urus. hub sms ke freddy di 085324063060 ya. trms

    ReplyDelete
  6. mohon dikirimi info harga dan kapasitas daya listriknya. saya mohon di infokan mesin yang cocok untuk kebutuhan, skap, boor, alur lubang sisi kayu untuk sambungan (lamber sharing), boor dan berbagai fungsi lain dalam 1 unit mesin, tolong dikirim gambar mesin besarta harganya . bisa dikirim ke alamat saya : yusranyusuf604@yahoo.com

    ReplyDelete
  7. tolong info harga dan pemesanan kirim ke email saya : pazpay@ovi.com atau hp 087817269321

    ReplyDelete
  8. mohon diberikan daftar harga (price list) ke saptahary@gmail.com atau SMS ke 08122621117

    ReplyDelete
  9. berapa harga mesin ini

    ReplyDelete
  10. @belmascraft rata2 untuk kualitas elektro motor (dinamo) 3phase tenaga horse power (hp) normal, apalagi produk dari merk terkenal (Taiwan/Eropa), biasa yg 1phase yang banyak kualitas..

    ReplyDelete