Meratakan Lis Samping

Top table meja kerja yang terbuat dari plywood pada bagian sampingnya (seluruh sisi tebal) harus ditutup dengan list kayu sehingga kita mendapat daun meja dengan kualitas yang baik. Karena lis samping lebih tebal dari multipleks maka harus dilakukan penyerutan sepanjang sisi lis samping.

Pekerjaan ini bisa dikerjakan secara manual maupun masinal. Pada proses manual cukup mudah karena kita bisa mengatasi resiko pecah tersebut dengan hati-hati. Pada saat menggunakan mesin tangan perata list samping ataupun mesin spindle, pada bagian sudut beresiko pecah yang disebabkan karean dorongan mesin tangan dan penyerutan yang melintang serat kayu.

Untuk mengatasi hal ini kita bisa pasang sebuah klos kayu pada sisi lis yang melintang arah mesin tangan perata lis. Klos kayu tersebut diikat dengan klem agar dapat meredam dorongan dan tekanan ke arah lis samping.

Pada gambar ilustrasi di atas anda perhatikan klos (berwarna abu-abu) menahan lis samping. Anak panah besar berwarna merah adalah arah gerakan mesin tangan perata lis. Lakukan posisi sebaliknya apabila anda hendak meratakan lis samping pada sisi yang lain.
Gunakan kayu untuk klos penahan yang kekerasannya minimal sama dengan lis samping.

0 comments :

Tuliskan pendapat anda...