Pintu Keluar Darurat di Area Pabrik

Bangunan pabrik yang dijadikan ruang produksi sangat penting untuk memperhatikan beberapa syarat tentang keselamatan kerja terutama keberadaan pintu keluar darurat dan rambu-rambunya. Beberapa pabrik yang memiliki resiko kebakaran sangat tinggi (kimia, kayu, textile) diharuskan oleh pemerintah untuk memahami secara keseluruhan sistem keamanan tersebut.

Beberapa hal penting tentang pintu keluar darurat sebagaimana yang saya ketahui adalah sebagai berikut:

- Pada sebuah bangunan ruang produksi harus memiliki minimal 2 pintu keluar. Apabila terjadi situasi darurat dan pintu yang pertama tidak bisa diakses, maka pintu kedua bisa menjadi alternatif.
- Pintu darurat harus SELALU dalam keadaan tidak terkunci, atau untuk alasan keamanan, kunci harus diletakkan pada posisi yang mudah dan cepat dijangkau.
- Tidak boleh ada benda-benda yang bisa menghalangi akses menuju pintu darurat.
- Perlu adanya rambu yang menunjukkan letak pintu keluar darurat.
- Rambu yang digunakan harus mudah dilihat dan dikenal dalam keadaan gelap atau pada waktu tidak ada tenaga listrik.
- Jalur keamanan menuju pintu keluar darurat harus jelas tergambar pada lantai atau dinding bangunan.

Beberapa rambu untuk pintu darurat banyak tersedia dalam berbagai macam dan desain. Rambu dengan lampu aliran listrik dan dilengkapi dengan lampu darurat (baterai) adalah merupakan pilihan yang terbaik tetapi dengan biaya yang cukup mahal. Walau bagaimanapun yang paling utama adalah pemahaman akan pentingnya beberapa hal tersebut di atas pada sebuah bangunan produksi yang beresiko besar terjadinya kebakaran ataupun bencana yang lain.

0 comments:

Post a Comment