Personal Protection Equipment (PPE)

Beberapa hari lalu saya kunjungi satu pabrik kayu, sebagian besar kayu yang tersedia adalah Acacia dan saya melihat satu hal yang menarik tentang peralatan pengaman yang ada di pabrik tersebut. Kita mengenal istilah lempar balik dalam gergaji mesin (circle saw) dan pada mesin standard biasanya telah tersedia 'lidah gergaji' untuk mencegah lempar balik dari putaran gergaji. Apabila lidah gergaji ini tidak terpasang dengan baik akan sangat berbahaya bagi operator mesin yang bertugas sebagai feeder. Pecahan2 kayu akan terlempar balik.

Untuk mencegah terjadinya hal yang buruk, pabrik ini membuat sebuah baju mirip untuk baju memasak akan tetapi terbuat dari bahan kulit yang sangat tebal dan keras. Melihat permukaan 'baju' tersebut terbukti bahwa telah terjadi beberapa benturan akibat lempar balik gergaji (yang terlempar balik adalah potongan kayu, bukan bilah gergaji) yang mengenai baju tersebut.

Desain baju hanya melindungi bagian vital tubuh seperti perut, dada dan pinggang. Sementara lengan dan mata pekerja tersebut menggunakan kacamata (google).

Hari ini saya kehilangan foto yang sesuai dengan artikel ini, segera setelah saya menemukannya akan saya muat.
Akhirnya saya temukan foto yang saya maksud hari ini 04-mar-08, silahkan lihat fotonya di dalam lingkaran di bawah ini.



0 comments:

Post a Comment