Mengenal Jenis Kayu dari Daunnya

Pada dasarnya kayu dibedakan menjadi 2 bagian besar yang dikategorikan berdasarkan jenis daunnya. Yang pertama adalah kayu daun lebar dan kayu daun jarum. Pengelompokan ini berhubungan erat dengan struktur pori-pori yang berhubungan dengan kekerasan kayu tersebut.
Dalam istilah international biasa disebut dengan softwood (kayu daun jarum) dan hardwood (kayu daun lebar). Tapi tidak semua 'softwood' selalu memiliki densitas rendah, dan tidak semua 'hardwood' memiliki densitas tinggi.
Prinsip perbedaan daun tersebut membedakan struktur kayu, daun jarum berbentuk silindris, sedangkan daun lebar memiliki jari-jari daun.

Kayu daun lebar
Bersifat lebih keras dan lebih berat. Struktur serat kayu biasanya berbelok-belok dan sangat kuat ikatan antar pori-pori kayu. Proses pengeringan lebih lama daripada kayu dari jenis daun jarum. Biasanya dipakai untuk membuat mebel berkualitas tinggi atau untuk bahan baku lantai parket, deck atau konstruksi lain yang memerlukan keawetan lebih lama.
Contoh: kayu Jati, Akasia, Mahony


Kayu daun jarum
Memiliki kekerasan lebih rendah dibandingkan dengan kayu daun lebar. Biasanya bentuk logs (batang pohon) lebih silindris karena proses fotosintesis lebih panjang. Paling mudah mengenal jenis kayu ini dari pohonnya, akan tetapi bisa pula dikenali melalui laboratorium dari struktur serat kayunya.
Sebagian besar penggunaannya untuk furniture di dalam ruangan atau mainan anak karena struktur seratnya yang lebih halus.
Contoh: Pinus, Spruce


credits:
http://library.usu.ac.id/download/fp/hutan-muhdi7.pdf
http://www.dephut.go.id/INFORMASI/SETJEN/PUSSTAN/INFO_III01/III_III01.htm

updated: 15 Juli 2016

1 comment:

  1. Makasih ya atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat gan...
    Salam kenal gan dari Cara membuat Manisan kolang kaling

    ReplyDelete