15 Negara ini Memiliki 70% Luas Hutan di Dunia

Tahukah anda bahwa sekitar 30% luas daratan di bumi ini merupakan hutan, dan sebesar 70% nya berada di 15 negara? Luas hutan di seluruh dunia (hingga pendataan tahun 2021) mencapai 40 juta kilometer persegi. Sebagai perbandingan saja, bahwa luas seluruh daratan di Indonesia hanya 1,9 juta kilometer persegi.


Hutan hujan tropis di Venezuela/img: theecologist

15. VENEZUELA
Total luas hutan mencapai 461 ribu km2, terletak di area hutan hujan tropis Amazon di Amerika Selatan yang membentang seluas lebih dari 6 juta km2, menghubungkan 9 negara.

14. BOLIVIA
Luas hutan di Bolivia mencapai 506 ribu km2, sekitar 1,3% dari luas seluruh hutan di dunia. Sebagian besar kawasan hutan di Bolivia dikelola oleh pemerintah, namun dalam sepuluh tahun terakhir kawasan hutan dikelola oleh swasta, petani, atau pengusaha peternakan, sehingga banyak sekali terjadi penggundulan hutan.

13. KOLOMBIA
Kolombia adalah salah satu negara dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia, dengan ribuan spesies tanaman dan hewan yang tinggal di ekosistemnya. Memiliki kawasan hutan seluas 589 ribu km2, namun juga mengkhawatirkan karena aktivitas penggundulan hutan terjadi setiap tahunnya.

12. MEKSIKO
Meksiko memiliki kawasan hutan seluas 655 ribu km2, dan sebagian besar berupa hutan hujan tropis.

11. ANGOLA
Luas hutan di Angola mencapai 660 ribu km2, Hutan Mayombe di Angola merupakan salah satu hutan terluas di benua Afrika dan terkenal dengan keanekaragaman hayatinya yang kaya.

10. PERU
Lebih dari 60% wilayah Peru ditutupi oleh hutan tropis, menjadikannya negara dengan wilayah ekosistem vital terbesar keempat di dunia. Sekitar 94% dari hutan ini—yang mencakup lebih dari 720 ribu km2 merupakan bagian dari hutan hujan Amazon. Ini adalah wilayah nasional Amazon terbesar kedua, setelah Brasil.

9. INDIA
Total kawasan hutan di India adalah 724 ribu km2, yang merupakan sedikitnya 21% dari total wilayah geografisnya.

8. INDONESIA
Hutan Indonesia memiliki keanekaragaman tumbuhan terbesar setelah Amazon. Lebih dari 25.000 spesies tanaman berbunga berada di Indonesia, dengan 2.000 spesies anggrek tumbuh hanya di pulau Kalimantan. Sekitar 40% tanaman tersebut tidak ditemukan di tempat lain di bumi.

Luas hutan di Indonesia mencapai 915 ribu km2, dan hutan hujan tropis Indonesia sendiri merupakan hutan hujan terbesar ketiga di dunia setelah Amazon dan Kongo. Hutan bakau dan lahan gambut Indonesia merupakan yang terluas di dunia.

7. KONGO
Negara Kongo memiliki area hutan yang terluas di kawasan benua Afrika, dengan area sekitar 1,25 juta km2. Hutan hujan Kongo terkenal dengan keanekaragaman hayatinya yang tinggi, termasuk lebih dari 600 spesies pohon dan 10.000 spesies hewan.

6. AUSTRALIA
Hutan Australia diakui dan dihargai karena ekosistemnya yang beragam dan keanekaragaman hayati yang unik serta penyediaan produk seperti kayu. Mereka menjalankan fungsi lingkungan yang penting, termasuk menyimpan karbon dan melindungi tanah dan air.

Dengan luas sekitar 1,3 juta km2, hutan Australia berkontribusi sebesar 3,3% luas hutan di dunia.

5. CINA
Menempati urutan ke-5, hutan di Cina mencakup area seluas sekitar 2,2 juta kilometer persegi. Jumlah ini mungkin tampak jauh lebih kecil dibandingkan negara-negara lain dalam daftar ini (berbanding dengan luas negara), namun yang menarik dari kisah kehutanan Cina adalah pertumbuhan pesatnya.

Dalam tiga dekade terakhir, Cina telah meningkatkan cakupan hutannya sebesar 25% melalui upaya reboisasi yang gencar. Inisiatif hijau besar-besaran ini menjadi contoh cemerlang bagi negara-negara lain dalam memerangi deforestasi dan perubahan iklim.

4. AMERIKA SERIKAT
Dengan luas hutan sebesar 3,1 juta kilometer persegi, Amerika Serikat menempati peringkat keempat dalam hal cakupan hutan global. Hutan-hutan ini sangat beragam, mulai dari hutan hujan lebat di Hawaii hingga hutan redwood yang menjulang tinggi di California.

Tongass, sebuah wilayah daratan yang sangat luas di Alaska, merupakan hutan nasional terbesar di negara ini.

3. KANADA
Kawasan hutan di Kanada terletak di sebagian besar area negara. Sekitar separuh wilayah Kanada ditutupi oleh hutan, dengan luas total sekitar 3,5 juta km2. Lebih dari 90% hutan Kanada dimiliki oleh masyarakat (tanah kerajaan dan hutan provinsi), dan sekitar setengah dari hutan dialokasikan untuk penebangan.

2. BRASIL
Sebagai kawasan terbesar bagi hutan hujan tropis di dunia, yaitu kawasan Amazon, Brasil memiliki hutan dengan luas hampir 5 juta km2. Dengan proporsi luas hutan tersebut, Brazil memiliki andil yang cukup besar dalam hal ekologi.

Hutan Hujan Amazon membentang dari Samudera Atlantik di timur hingga barisan pepohonan Andes di barat. Hutan ini melebar dari garis depan sepanjang 320 km di sepanjang Atlantik hingga selebar 1.900 km di kaki bukit Andes. Brasil menguasai sekitar 60% wilayah Amazon di dalam perbatasannya.

1. RUSIA
Sangat jelas bahwa negara Rusia memiliki kawasan hutan paling luas di antara negara lainnya. Dengan luas lebih dari 8,2 juta km2, Rusia memiliki hingga 22% luas hutan di dunia.

Hutan di Rusia dikenal sebagai Taiga (bahasa lokal) atau 'boreal forest' memiliki spesies pohon yang relatif sedikit, dan sebagian besar terdiri dari jenis pohon berdaun jarum (konifera). Jenis pohon paling banyak adalah Birch.

Luas hutan tersebut bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan luas daratan Australia!


Grafik luas hutan di 15 negara berdasarkan data World Bank th 2023

---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama