10 Fakta Menarik Soal Kayu Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Kayu berasal dari pohon, dan sepertinya sebagian besar penduduk di dunia mengetahui hal itu. Namun, di Tentang Kayu, kami mengetahui beberapa fakta aneh, lucu, sekaligus menakjubkan tentang kayu, dan di artikel ini kami ingin berbagi dengan Anda.

1. Kayu adalah alat tulis pertama
Kayu, dalam bentuk arang, adalah alat tulis atau salah satu media artistik pertama. Contohnya adalah gambar dan tulisan di dalam gua, yang menggunakan kayu arang, ditemukan di Rouffignac, Perancis berasal dari 13.000 tahun yang lalu. Arang yang dihasilkan dari tempat pembakaran terus digunakan oleh para seniman selama berabad-abad, dan seniman modern masih tetap mengeksploitasi kualitasnya dalam pekerjaan dan kreativitas mereka.

2. Hardwood & Softwood, atau kayu keras dan kayu lunak dibedakan berdasarkan daunnya, bukan kekuatannya
Beberapa kayu lunak sebenarnya lebih keras & lebih padat daripada kayu keras (hardwood). Pohon berdaun lebar (pohon yang kehilangan daunnya di musim gugur) menghasilkan jenis kayu keras dan pohon berdaun jarum (pohon yang menyimpan daun jarumnya sepanjang tahun) adalah jenis kayu lunak. Pinus misalnya, merupakan golongan kayu lunak, tetapi memiliki kekerasan lebih tinggi daripada Balsa, dari jenis kayu keras.

3. Pohon tidak pernah benar-benar mati karena usia!
Pohon hanya mati oleh unsur-unsur tertentu di luar kendali mereka seperti penyakit, manusia atau serangga. Itulah mengapa, beberapa jenis pohon bisa memiliki usia hingga 1000 tahun!

4. Terdapat ribuan spesies pohon di bumi
Pernah bertanya-tanya berapa banyak jenis pohon yang pernah Anda lihat seumur hidup Anda? Lebih dari 23.000 spesies pohon yang berbeda dapat ditemukan di Bumi.

5. Tidak semua jenis kayu bisa mengapung di air
Sudah menjadi fakta umum bahwa kayu mengapung di air, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Untuk bisa tenggelam dalam air, berat jenis kayu harus sama (1.0) atau lebih tinggi dari berat jenis air. Karena kepadatan rata-rata jenis kayu kurang dari 1.0 maka kayu akan mengapung di atas air.
Beberapa jenis kayu yang bisa tenggelam: kayu Eboni Afrika, kayu Besi, kayu Rasamala, dan lainnya.

6. Mengetahui usia pohon bisa dilihat melalui cincinnya
Satu lingkar tumbuh pohon terbentuk dari satu bagian kayu awal dan satu bagian kayu akhir, yang diperkirakan berlangsung selama satu tahun. Kita bisa menghitung jumlah lingkaran tahun dari bagian hati kayu sampai ke bagian bawah kulit. Metode tersebut dikenal dengan istilah dendrokronologi. Itulah kenapa cincin pada batang kayu juga disebut lingkaran tahun.


Lingkaran tahun pada penampang kayu/Biologos

7. Kayu yang basah bisa menghantarkan listrik
Kayu yang sudah dikeringkan tidak bisa menghantarkan listrik, karena terdiri dari berbagai molekul yang tidak terikat kuat. Tetapi kayu yang basah bisa menghantarkan listrik karena adanya ion di dalam air.

8. Lignin adalah zat penting yang membuat kayu menjadi keras
Jenis kayu keras berarti mengandung zat lignin lebih banyak daripada jenis kayu lunak.

9. Pohon tumbuh dari bagian atas, bukan dari bawah
Perhatikan selama beberapa tahun dan Anda akan melihat cabang-cabang hanya bergerak beberapa sentimeter ke atas batang saat pohon tumbuh.

10. Jenis kayu lunak menyumbang sekitar 80% dari produksi kayu di dunia
Mayoritas kayu yang digunakan di dunia adalah dari jenis kayu lunak (Softwood). Selain karena lebih mudah dikerjakan, jenis kayu lunak lebih murah dibandingkan kayu keras. Dan produksi kayu lunak juga lebih pendek, karena tumbuh lebih cepat.

Ingin mengerti lebih banyak istilah dalam dunia perkayuan? Temukan di Glossary

---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama