DIY Membuat Furniture Atau Hiasan Rumah

Do It Yourself, atau biasa disebut DIY, yang artinya melakukan pekerjaan sendiri (yang seharusnya hanya bisa dilakukan oleh seorang ahli) telah menjadi sebuah hobi yang saat ini semakin digemari. Dan tentu saja siapapun bisa melakukan pekerjaan sendiri asalkan menggunakan peralatan dan teknik yang mendukung. Di dalam pertukangan kayu sebaiknya anda membekali diri dengan pelatihan dasar perkayuan sebelum benar-benar melakukan pekerjaan sendiri. Paling tidak dengan pelatihan tersebut anda akan dibekali dengan beberapa tips tentang keselamatan kerja.

Pelatihan dasarpun kadang belum cukup untuk bisa menghasilkan karya DIY yang anda inginkan. Alat bantu kerja, baik manual atau mesin tangan yang mudah digunakan dan multiguna memiliki peranan cukup penting dalam proyek DIY anda. Mesin bor tangan bisa menjadi salah satu perkakas pertama yang perlu anda miliki. Dengan alat ini anda bisa membuat lubang dowel untuk konstruksi, mengencangkan sekrup, atau melubangi dinding untuk memasang gantungan. Kedua adalah mesin circle saw yang berfungsi untuk memotong kayu solid atau papan buatan. Ketiga adalah mesin router, anda memerlukannya untuk membuat alur tidak tembus dengan bentuk sesuai kebutuhan. Sebuah mesin gerinda bisa menjadi tambahan, bisa berguna untuk mengamplas dan memoles.

Selain mesin tangan tunggal yang disebut di atas, atau mesin tangan yang hanya bisa melakukan satu tugas, bisa juga anda cukup memiliki satu buah mesin tangan yang bisa melakukan beberapa jenis pekerjaan berbeda. Selain biasanya harganya lebih ekonomis, kapasitas mesin tangan tersebut biasanya cukup memadai untuk kebutuhan DIY anda. Misalnya saja mesin gerinda Dremel 3000, yang merupakan mesin tangan serbaguna yang sangat praktis untuk aktifitas DIY anda. Mesin ini dapat memotong, mengukir, mengamplas, memoles, dengan mengganti mata sesuai kebutuhan. Khususnya untuk pekerjaan kayu, anda bisa melakukan pengamplasan pada sudut kayu yang agak sulit seperti yang terlihat dalam video di bawah ini.

Video: Membentuk ujung lis kayu menggunakan gerinda Dremel 3000

Dremel 3000-5/70 Gold Edition Mesin Gerinda Tuner / Rotary Tools + 70+5 Accessories misalnya, yang bisa didapatkan di Perkakasku.com adalah salah satu mesin tangan favorit karena dilengkapi dengan lebih dari 70 buah aksesoris di dalamnya sehingga bisa memudahkan pengguna untuk menyesuaikan kebutuhan DIY. Selain itu mesin tangan ini bisa digunakan pada jenis material selain kayu, misalnya keramik dan porcelain. Anda bisa melihat video lainnya tentang pengalaman menggunakan mesin gerinda Dremel 3000.
Perkakasku.com adalah certified partner dan Service center untuk produk Dremel.

Melakukan sendiri pekerjaan menukang memang bisa menghemat biaya dan waktu, terutama jika pekerjaan tersebut sebenarnya cukup mudah dan bisa cepat dilakukan. Tapi tanpa bantuan alat kerja yang tepat guna, hasilnya belum tentu memuaskan. Misalnya jika anda memiliki almari pakaian atau kabinet dapur yang papan samping dan papan atas/dasar sambungannya sudah mulai rapuh karena beban berat.
Perkakasku.com menyediakan sebuah alat bantu yang sangat ideal untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan sangat mudah. Alat bantu tersebut berupa sebuah mal untuk membuat lubang sekrup pada papan samping dengan sudut tepat untuk konstruksi sekrup dari samping sehingga kepala sekrup akan terbenam ke dalam papan (MDF. multiplek, atau kayu solid) dan ujungnya akan cukup dalam mengikat papan atas/dasar. Anda bisa tambahkan lem kayu untuk memperkuat konstruksi.
Ukuran Kreg Jig R3 Pocket Hole Jig System cukup praktis sehingga mudah dibawa kemana-mana.


Video: Penggunaan Kreg Jig R3 Pocket

Video lainnya dari Kreg: Kreg Tools
Blog dari Perkakasku.com: Kreg Tool Sahabat Proyek Do-it-Yourself Anda
Produk Kreg Tool yang ready stock di Indonesia hanya tersedia di Perkakasku.com

Yang paling penting untuk anda perhatikan adalah gunakan selalu PPE (Personal Protection Equipment) pada saat menggunakan mesin tangan dan jangan lupa memasang alat pengaman dan pelindung mesin yang dianjurkan oleh produsen mesin tangan.

0 comments:

Post a Comment