Beberapa Solusi Praktis di Dalam ruang Assembling

Setelah berkesempatan mengunjungi sebuah pabrik kayu di Vietnam, sengaja kami kumpulkan beberapa foto yang semoga akan sangat bermanfaat untuk dibagi bersama pembaca tentangkayu.com. Banyak sekali ide-ide praktis yang sederhana di sana dan sepertinya akan sangat mudah untuk diterapkan di pabrik atau bengkel furniture di Indonesia. Sebagian memerlukan investasi cukup lumayan akan tetapi hal tersebut akan memberikan anda kemudahan-kemudahan di produksi.

Mungkin sebagian dari anda pernah menemuinya, silahkan dilengkapi melalui kolom komentar. Beberapa solusi praktis tersebut antara lain:

1. Menggunakan bekas rol selotip sebagai wadah sekrup.
Seperti terlihat di gambar berikut, 3 buah rol bekas selotip yang biasanya untuk packing telah berubah fungsi menjadi tempat sekrup dan serbuk yang praktis. 3 rol tersebut diikat dengan selotip sedemikian rupa dan salah satu bagian bawahnya dilapis dengan karton yang lumayan tebal.


2. Mesin perata kaki meja & kursi
Walaupun perakitan kursi dan meja sudah demikian presisi, kadang-kadang kita akan menemukan adanya celah di kaki meja/kursi yang menyebabkan tidak stabil saat kursi berada di atas lantai yang rata. Di pabrik ini, tim kualitas membuat sebuah mesin sederhana yang terdiri dari motor, gergaji potong dan top meja kerja dari granit.
Konstruksi penyangga top meja yang sederhana namun kokoh cukup menggunakan beberapa batang besi dan motor bersama bilah gergaji lingkar diposisikan horisontal (lihat gambar).
Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kursi berdiri di atas meja granit, dan apabila ditemukan celah maka bagian kaki paling panjang diarahkan ke bilah gergaji yang posisinya sudah diatur agar sejajar dengan top meja granit.



3. Alat pemanas packing untuk hardware
Ketika hardware untuk mebel knockdown jumlahnya cukup banyak dan ukuran hardware besar sehingga kantong menjadi berat, solusi ini sangat efektif karena hasil prosesnya sangat rapi dan kuat.



Tertarik untuk mencobanya di bengkel anda?

Dan sebagaimana yang telah kami sampaikan melalui akun twitter @tentangkayu, pabrik-pabrik furniture di Vietnam ternyata juga memiliki teknologi produksi yang tidak ketinggalan di banding pabrik di Indonesia. Bahkan rata-rata ukuran mereka lebih besar. Salah satunya mencapai luas pabrik dan warehouse mencapai 8 hektar.

3 comments:

  1. permisi pak. pada gambar terakhir itu alat pemanas cara kerjanya gimana ya pak?. saya masih bingung dengan pengaplikasiannya mesin pemanas itu. terimakasih~

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah share. Bisa jadi inspirasi bagi kami pengrajin rumah kayu juga. :)

    ReplyDelete