Ketam Kayu


Ketam kayu manual sudah sejak lama menjadi alat utama pada proses pengerjaan kayu. Berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu setelah keluar dari kiln dry. Begitu banyak jenis dan bentuk ketam kayu manual ini dan fungsinya-pun bermacam-macam.

Tukang kayu tradisional Indonesia lebih banyak bekerja di atas bangku kerja, sehingga cenderung menggunakan model blok kayu dengan pegangan batang di belakang. Sedangkan di negara lain terutama Eropa dan Amerika lebih memilih model dengan pegangan depan dan belakang karena lebih nyaman digunakan di atas meja kerja, di mana tukang kayu bekerja dalam posisi berdiri. Dan model ini sekarang lebih banyak dibuat dari bahan logam.

Pada model tradisional tukang kayu Indonesia terdapat bermacam-macam ukuran. Ukuran paling kecil (sekitar 15-18cm) lebih berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu yang telah diserut atau permukaan kayu yang agak melengkung. Ukuran sedang (20-25cm) menjadi ukuran standar pada proses penghalusan pertama kali.
Ukuran paling panjang (hingga 40cm) sangat optimal untuk pelurusan balok panjang atau pembuatan sisi miring pada ujung kayu.

Bagian Ketam Kayu dan fungsinya:
1. Blok Ketam
Bagian utama ini berbentuk balok ukuran sekitar 25 x 7,5 x 5,5 cm dengan bagian dasar sangat rata dan halus. Bahan baku kayu yang keras sangat mempengaruhi keawetan dari alat tangan ini. Pada bagian tengahnya dilubangi sedemikian rupa untuk mata pisau beserta pasak pengunci.

2. Batang pegangan
Diselipkan melintang di tengah blok ketam untuk menempatkan batang kayu sebagai pegangan.

3. Mata pisau utama
Mata pisau selebar sekitar 44mm menjadi bagian penting untuk ketam kayu. Biasanya dibuat dari bahan baja keras HSS (High Speed Steel)

4. Pisau penebal
Berfungsi untuk mengatur ketebalan serutan. Plat pisau ini terhubung dengan pisau utama dengan sekrup yang bisa mengatur peletakan pisau penebal terhadap pisau utama.

5. Pasak kayu
Pasak pisau untuk menahan posisi pisau terhadap blok ketam.



Penggunaan Dasar
Ukuran ketebalan tatal pada saat mengetam ditentukan oleh jarak pisau penahan dengan ujung pisau. Semakin lebar tatal akan semakin tebal, namun daya dorong yang dibutuhkan juga harus lebih besar.
Untuk menghindari permukaan kasar, pengetaman musti dilakukan searah dengan serat kayu ke permukaan.



Jenis Ketam Kayu
Tukang kayu profesional mengenal 3 jenis dasar ketam kayu (manual). 3 jenis ketam tersebut adalah ketam biasa, yaitu ketam dengan ukuran sedang yang digunakan untuk penghalusan pertama kali kayu gergajian. Jenis kedua adalah ketam penghalus, berukuran lebih pendek dan memiliki mata pisau tunggal dengan posisi terbalik.
Dan ada pula ketam lengkung yang memiliki bentuk melengkung (cembung) pada dasar blok ketam.
Namun ketam ini memiliki kelemahan dengan ukuran lengkungan yang terbatas.

Edited at 21-Sept-2021

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

9 Komentar

  1. contoh gambar ketam cembung, kembung, bunga, kumai, alur, bulat, cuci...saya juga peminat pada ketam kayu ini dan ada beberapa koleksi boleh dikongsi bersama.osman 012-5154149

    BalasHapus
  2. Saya baru shj beli keketam kayu dgn harga rm 45.00... dan pertama kali pd hari ini 1hb Julai 2016 utk menggunanya bagi tujuan merata dan melicinkan meja makan jepun sebelum dicat dgn varnish... tkasih atas perkongsian yg anda berikan..

    BalasHapus
  3. mas klo pengetam kayu yg terbaik itu searah serat atau tidak

    BalasHapus
  4. mas klo pengetam kayu yg terbaik itu searah serat atau tidak

    BalasHapus
  5. boleh rakan2 berkongsi info dimana saya boleh dapat (beli) ketam kayu ini ? terima kasih

    BalasHapus
  6. boleh rakan2 berkongsi info dimana saya boleh dapat (beli) ketam kayu ini ? terima kasih

    BalasHapus
  7. Jenis ketamnya kok cuma 2?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama