Drop test untuk Packing Furniture

Istilah 'drop test' memang lebih lazim untuk packing produk elektronik seperti televisi, telephone, komputer, printer, dan jenis barang elektronik lainnya. Pengetesan tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan sistem pengaman internal packing pada produk tersebut sehingga yakin bahwa barang akan dalam keadaan utuh ketika sampai di tangan konsumen.

Oleh sebab itulah jika anda perhatikan packing pada alat elektronik sangat kuat dan aman untuk produk di dalamnya. Namun bukan berarti sistem packing kurang penting dalam masalah furniture. Justru untuk mereka yang menjual produk mahal, sistem packing menjadi salah satu bagian biaya yang cukup besar.
Tes ini juga menjadi rutinitas yang dilakukan oleh Quality Controller pada saat melakukan inspeksi.

Standar yang lazim dugunakan adalah sesuai dengan prosedur ISTA (International Safe Transit Association) 1A tahun 2001, yang diperbarui pada tahun 2009. Anda bisa download penjelasannya ISTA 1A dalam file pdf..

Untuk lebih resmi dan meyakinkan, tes ini biasanya dilakukan oleh profesional yang bekerja di laboratorium dengan menggunakan alat bantu khusus dari ketinggian yang presisi. Namun anda bisa melakukannya secara sederhana yang hasilnya cukup untuk mengetahui apakah karton untuk furniture yang anda produksi sudah cukup baik atau belum.

Metode
Drop test lebih banyak dilakukan pada karton dengan berat maksimal 68 kg. Hal ini dimaksudkan bahwa hampir semua karton dengan berat di bawah 68 kg akan cenderung dilakukan secara manual sehingga kemungkina jatuh lebih besar daripada ketika menggunakan alat bantu forklift atau handlift.
Cara pengetesan-pun dilakukan dengan aturan tertentu pada hampir semua sudut karton.
A. Sudut atau ujung paling tajam karton
B. Sudut sepanjang sisi tebal karton
C. Sudut sepanjang sisi lebar karton
D. Sudut sepanjang sisi terpanjang karton
E. Bidang arah memanjang
F. Bidang paling kecil pada arah tebal
G. Bidang paling luas pada arah memanjang


Cukup lakukan pengetesan pada beberapa posisi tersebut pada ketinggian tertentu (H) sesuai dengan berat karton beserta isinya.

Ketinggian
Ketinggian karton dari lantai diatur sesuai dengan berat karton (gross weight). Lihat tabel ketinggian di bawah ini.



Tips khusus
1. Sebelum anda melakukan drop test, pastikan dahulu bahwa posisi dan kelengkapan produk di dalam karton sudah sama persis dengan karton yang sebenarnya (yang akan dikirim).
2. Jangan dilempar, cukup lepaskan karton dari ketinggian yang telah ditentukan.
3. Jatuhkan karton di atas lantai beton atau material yang memiliki kekerasan sama.



3 comments:

  1. apakah juga berlaku untuk produk kerajinan selain kayu from http://www.kerajinankayu.com

    ReplyDelete
  2. Drop test dilakukan sesuai permintaan pembeli atau jika anda ingin memastikan produk anda aman dalam perjalanan. Tidak ada aturan khusus bahwa test ini harus dilakukan...

    ReplyDelete
  3. Jika kesulitan mencari alat Test ini bisa menghubungi saya di email :
    agungtri.klssmg@gmail.com or 0817.059.8404 Agung

    ReplyDelete