Desain packaging juga perlu Test


Apabila anda memiliki atau sedang berencana membuat sebuah bisnis ekspor furniture, pengetahuan ini setidaknya akan bisa mengurangi resiko klaim produk di masa depan. Selama ini kebanyakan perusahan produsen furniture kurang memperhatikan pentingnya kualitas packing untuk produknya sehingga budget yang disediakan seringkali sangat rendah.

Konsetrasi terhadap kualitas produk memang harus menjadi prioritas paling tinggi dan packing sebagai pelindung produk menjadi prioritas berikutnya. Akan tidak ada artinya apabila kita sudah membuat produk furniture berkualitas tinggi dan di tengah perjalanan produk tersebut rusak karena penanganan di lapangan yang kurang hati-hati.

Pada berat dan ukuran tertentu, sebuah bok packing memiliki daya tahan tertentu agar produk di dalamnya aman. Di dalam proses logistik, banyak sekali bentuk-bentuk dorongan beban terhadap produk dan packing yang baik akan kuat untuk menahannya.
Pada sebuah kunjungan saya di salah satu pabrik packing karton, mereka memiliki sebuah alat khusus (seperti mesin press) yang dipakai untuk mengetes kekuatan karton. Karton tersebut diletakkan ditengah tanpa isi kemudian diberikan beban dengan berat tertentu (sesuai dengan luas permukaan) dengan kecepatan tertentu.

Ada standar seberapa besar beban yang 'layak' diberikan sebelum karton tersebut rusak dan dari situ kita bisa mengetahui apakah jenis material, bentuk karton dan ukurannya perlu diperbaiki atau tidak.

Hal ini sungguh menarik terutama apabila kita memproduksi produk-produk kecil semisal dekorasi interior, mainan anak, frame dan pernik lainnya yang sangat riskan.

Saat ini penulis belum memiliki data akurat tentang biaya untuk pengetesan tersebut dan juga tidak semua pabrik packing memiliki alat test tersebut mengingat harganya yang sangat mahal.

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi info@tentangkayu.com

0 comments:

Post a Comment