Desain Kabinet Dapur dan Denahnya

Membangun kabinet dapur merupakan sebuah kepuasan tersendiri apabila hasilnya membuat penghuni rumah menjadi lebih nyaman ketika berada di dapurnya sendiri dan lebih senang menghabiskan waktu di dapur. Untuk kebanyakan orang Eropa atau Amerika, dapur kering dan dapur basah biasanya terpisah.

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang fungsi masing-masing bagian tersebut lebih baik kita lihat hal-hal khusus yang perlu diperhatikan ketika me(n)desain sebuah kabinet dapur.

  1. 3 jenis barang utama yang harus berada di dapur yaitu wadah pencucian (kitchen sink), kompor (stove) dan kulkas (refrigerator). Letakkan ketiga jenis barang tersebut di dalam area segitiga dengan jarak total maksimum 6 meter.
  2. Kitchen sink sebaiknya berada di area tengah kabinet dapur karena merupakan perabot yang paling sering digunakan. Lebih baik apabila diletakkan di dekat jendela untuk pencahayaan dan ventilasi udara yang lebih baik.
  3. Jika anda perlu menambahkan peralatan tambahan lainnya, misalnya dishwasher (pencuci piring) harus diletakkan dekat dengan bak cuci (kitchen sink) dan jarak microwave/oven tidak terpisah jauh dari kulkas.
  4. Jumlah pintu pada setiap kabinet (terutama kabinet dapur dengan sistem modul) tergantung lebar kabinet tersebut. Paling tidak lebar satu pintu tidak melebihi tinggi pintu.
  5. Gunakan 'papan muka laci palsu' untuk bagian meja yang sulit difungsikan untuk laci. Misalnya pad abagian di bawah kitchen sink.
  6. Jangan letakkan kabinet tinggi di antara 3 jenis perabot utama tersebut.
  7. Jika denah ruangan menuntut untuk membuat kabinet yang berhadapan, usahakan minimum ruang di antara 2 top table kabinet tersebut 120 cm.
  8. Apabila ingin meletakkan dishwasher di pojok kabinet, sisakan minimal 50 cm dari dinding untuk memudahkan akses perawatan.
  9. Apabila ingin menambahkan microwave, harus diletakkan di atas kabinet dengan ketinggian antara 90 - 125 cm dari lantai.
  10. Smoke detector (pemindai asap) harus diletakkan di plagon ruang dapur.


Ukuran standar Kabinet Meja Dapur:
Tinggi dari lantai: 90 cm
Kedalaman kabinet: 60 cm
Lebar top table: 62,5 cm
Tinggi plinth lantai: 10 cm
Kedalaman plinth lantai: 7,5 cm



Ukuran Standar Kabinet Dinding:
Kedalaman kabinet: 30 cm
Tinggi kabinet: 60 cm
Tinggi kabinet di atas kompor: 45 cm

3 comments:

  1. Wah...Jelas banget tutorialnya. Bagus nih buat yang mo desain dapur sendiri. Salam kenal mas!!

    ReplyDelete
  2. Artikel yang sangat bagus....!
    MR/Ms kalo bisa saya minta cara membuat meja atau kursi yang detail....

    Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas tutorial yang mencerdaskan. Jika memungkinkan, mohon diposting tutorial pembuatan furniture sederhana rumah tangga lainnya, misalnya: lemari pakaian, kursi, meja, kitchen set dlsb. Terima kasih.

    ReplyDelete