Ergonomi Meja Makan

Yang dimaksudkan dengan ergonomi meja makan adalah dimensi tertentu yang ideal dengan ukuran badan konsumen pada saat pemakaian perabot tersebut. Bentuk dan jenis meja makan bisa dibuat bermacam-macam sesuai dengan fungsi dan lokasi meja tersebut. Untuk membuat ukuran meja kita perlu mengetahui jumlah orang yang akan menggunakan meja makan tersebut. Dan dari fungsinya kita bisa menentukan bentuk penampang atas meja.


Kemudian akan ada beberapa pertimbangan terhadap jenis bahan yang akan digunakan untuk papan atas meja apakah dari kaca, kayu, logam, rotan atau bahkan dibalut dengan bahan kulit.

Bentuk Meja Makan
Meja makan dengan papan atas berbentuk bulat sangat baik untuk membuat acara makan malam lebih intim karena setiap orang bisa saling bertatapan muka untuk berbicara satu dengan yang lain. Dari sisi desain juga lebih cantik karena tidak ada sudut yang tajam.
Kekurangannya adalah masalah ruang, meja bulat membutuhkan ruang lebih banyak dan sulit untuk penyimpanan di gudang (apabila diperlukan).

Bujursangkar: Sangat cocok untuk acara 2-4 orang dan mudah penempatannya di ruangan manapun. Penyimpanannya pun efisien, tidak membutuhkan tempat khusus. bentuk meja seperti ini kurang bermanfaat untuk makan malam lebih dari 4 orang dan apabila diletakkan di ruangan yang panjang akan terlihat seperti penghalang.

Persegipanjang: Bisa digunakan untuk jumlah orang yang berlebih dan juga bisa dimanfaatkan sebagai meja buffet atau diletakkan di dekat dinding apabila tidak digunakan. Meja persegipanjang biasanya besar dan membutuhkan ruang yang besar pula.



Ellips/Oval: Secara estetik sangat baik dan bersifat informal karena sudut-sudutnya yang lengkung dan indah. Tidak cocok untuk ditempatkan di sudut ruangan.



Segitiga: Dengan ukuran sedang, bentuk papan atas meja segitiga hampir sama fungsinya dengan bentuk bulat. Setiap orang bisa berinteraksi dengan bertatapan muka. Cocok untuk jumlah orang maksimum 6 orang.



Ukuran Papan Atas Meja
Tinggi meja makan antara 73-75 cm dari lantai. Untuk fungsi tertentu bisa dipakai ukuran tinggi 70 cm. Panjang dan lebar minimal adalah 60 cm untuk fungsi ergonomis karena setiap orang membutuhkan minimal 60 cm. Apabila diperlukan lebih, maka perlu diberikan jarak 10-15 cm. Misalnya meja untuk 2 orang duduk bersebelahan, maka lebar minimal adalah (60 cm x 2) + 10cm = 130 cm.

Dimensi Kaki Meja
Tidak terdapat ukuran baku tentang kaki meja (bahan dasar kayu solid) dalam hubungannya dengan dimensi papan atas meja makan, setidaknya sejauh pengetahuan yang dimiliki tentangkayu.com
Secara teknis berbagai faktor ikut mempengaruhi kekuatan kaki meja menopang seluruh bagian meja. Jenis kayu, model kontruksi, jenis bahan papan atas meja, bentuk kaki dan tinggi meja.



1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete