Caliper; Review dan Ringkasan Fungsi


Suatu alat ukur dalam bentuk dan format lain daripada meteran roll ataupun lipat. Alat ini paling berfungsi banyak di area produksi komponen kayu. Sangat berguna untuk mendapatkan kontrol ukuran dan dimensi yang presisi dan akurat. Ketebalan kayu, kedalaman lubang pen, diameter lubang dowel dan diameter dowel itu sendiri bisa diukur dengan baik oleh caliper. Meteran tidak mampu menjalankan tugas tersebut sebaik caliper.


Bagian-bagian Caliper

1. Gigi luar: berfungsi untuk mengukur dimensi luar (tebal, lebar atau Ø batang kayu)
2. Gigi dalam: untuk pengukuran bagian dalam (lebar lubang pen, Ø lubang bor, alur dll)
3. Pengukur kedalaman: Paling baik untuk pengukuran dalam lubang pen, lubang bor dan lubang alur.
4. Ukuran utama (cm): skala utama yang digunakan untuk membaca hasil pengukuran.
5. Ukuran sekunder (inch): skala alternatif dalam satuan inch.
6. Patokan pembacaan skala utama (cm)
7. Patokan pembacaan skala sekunder (inch)
8. Untuk menghentikan atau melancarkan geseran pengukuran.

Skala Ukuran
Dengan bentuk batangan yang sama terdapat media pembacaan ukuran yang berbeda pada caliper. Pertama dengan cara pembacaan biasa seperti pada meteran roll, lalu ada yang menggunakan jarum ukuran analog yang ditempelkan pada bagian muka (dengan stopper) ataupun menggunakan display digital.

Jenis mana yang paling baik dan sesuai dengan anda adalah relatif karena masing-masing memiliki kelemahan. Jenis yang menggunakan skala analog ataupun digital memiliki kemungkinan perubahan skala baca setelah digunakan selama waktu tertentu.
Dari itulah alat ini perlu di'kalibrasi' lebih sering dibandingkan yang biasa.
bagi mereka yang kurang paham tentang cara membaca yang akurat, jenis ini lebih baik karena langsung menghadirkan ukuran dalam skala 2 angka desimal.

Bagi seorang QC, alat ini layaknya sebuah SIM yang harus dibawa kemanapun dia berada. Setiap minimal setahun sekali harus dilakukan 'kalibrasi', semacam pemeriksaan berkala apakah alat ukur tersebut masih layak digunakan dan sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Di beberapa tempat menggunakan jenis caliper yang dibuat dari bahan plastik. Tentu saja kualitas alat itu sangat diragukan mengingat plastik merupakan bahan yang kurang stabil dan bisa berubah bentuk karena benturan dan lainnya. Bahkan yang telah terbuat dari material logam-pun masih perlu diragukan keakuratannya.

Caliper yang baik terbuat dari bahan bernama INOX, logam keras yang ringan, awet dan tahan karat.

Kalibrasi bisa dilakukan secara sederhana oleh internal atau meminta pihak lain yang lebih kompeten.
Apakah Caliper anda masih layak untuk dipakai sebagai alat ukur?

0 comments:

Post a Comment