Mesin Penggergajian Kayu

Mesin yang umum digunakan untuk membelah kayu log oleh beberapa pabrik furniture dikenal dengan mesin gergaji pita. Disebut gergaji pita karena bilah gergaji terbentuk dari lembaran baja tipis yang panjang dan disambung menjadi bentuk lingkaran seperti tali pita. Dengan mesin ini bisa dilakukan pembelahan pada kayu log dengan ukuran ∅ sebesar mungkin.

Terdapat 2 tipe dengan posisi pembelahan yang berbeda, yaitu horisontal dan vertikal. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tipe vertikal paling banyak digunakan dan berdasarkan pengalaman dari beberapa pabrik, tipe ini lebih murah dan lebih mudah dalam hal operasionalnya.

Gergaji pita vertikal ini tidak bergerak, hanya kayu log yang diletakkan pada dudukannya yang bergerak. Pada tipe horisontal, log diikat kuat pada dudukannya dan mesin gergaji pita yang bergerak membelah log.


Tipe vertikal memberikan kemungkinan metode pembelahan lebih banyak daripada tipe horisontal, mengapa? Tipe horisontal memiliki ketebalan hasil penggergajian yang terbatas. Karena apabila terlalu tebalakan beresiko bilah gergaji terjepit papan belahan. Sedangkan posisi vertikal tidak ada resiko tersebut.

Setelah Pembelahan
Pada setiap area sawmill, pasti terdapat mesin gergaji belah (circle saw) minimal satu pada 2-3 mesin gergaji pita. Apabila anda memiliki sawmill tapi tidak menempatkan mesin circle saw di dalamnya, sebaiknya dipertimbangkan untuk memiliki minimal satu mesin.


Mesin ini sangat efektif dan membantu proses kerja lebih cepat terutama pada pembelahan log yang besar. Papan-papan lebar dari pembelahan bisa segera dibelah untuk ukuran lebih kecil menggunakan mesin circle saw dan segera diletakkan sesuai ukuran yang dibutuhkan. Daripada mengeringkan papan yang masih lebar, akan lebih cepat apabila papan dibelah lagi dengan ukuran yang lebih kecil. Hali ini memang bisa mengurangi kapasitas muat ruang KD, tapi hasilnya akan lebih baik untuk kualitas kayu.

0 comments :

Tuliskan pendapat anda...