Berbagai Jenis Mata Bor & Fungsinya

Mata bor adalah alat yang paling ideal untuk membuat lubang yang rapih dan presisi. Bisa digunakan pada bahan kayu, plastik ataupun logam. Banyak jenis dan ukuran lubang yang bisa dibuat dengan menggunakan bor, akan tetapi dengan mempertimbangkan ukuran lubang dan jenis bahan kita perlu menggunakan mata bor yang tepat.

Selain itupun jenis bahan pembuat mata bor juga menentukan kualitas hasil pelubangan. lebih keras logam pada mata bor akan lebih halus hasil pengeboran.

Twist Bits
Jenis mata bor yang paling banyak digunakan dan cukup universal fungsinya. Bisa digunakan menggunakan mesin bor tangan atau mesin bor duduk baik secara horisontal maupun vertikal. Mata bor ini bisa untuk membuat lubang pada bahan kayu, plastik atau logam.
Biasanya tersedia dalam ukuran ∅ 4 - 12 mm. Lebih baik buat sebuah titik pusat menggunakan paku atau sekrup untuk arahan mata bor ini ketika anda menggunakan mesin bor tangan.

Masonry Bits
Dirancang untuk membuat lubang pada tembok, beton atau batu. Digunakan dengan mesin bor pada setelan martil (gerakan bir bergetar seperti ketukan martil) dan pada ujung mata bor terdapat logam keras sebagai pemotong. Biasanya tersedia dalam ∅ 4-15mm dan mata bor lebih panjang daripada twist bits (300 - 400mm).

Spur Bits
Dikenal sebagai mata bor kayu dengan ujung mata bor runcing pada bagian tengahnya dan pisau pengiris pada bagian kelilingnya. Ujung runcing di tengah berfungsi untuk menjaga agar mata bor tetap lurus sehingga lubang yang dihasilkan presisi dan dengan ∅ yang sama.
Ukuran ∅ yang tersedia sekitar 6-15mm.

Countersink bits
Mata bor ini bersudut 90° pada ujungnya dan berfungsi untuk membuat lubang 45° terhadap permukaan kayu. Biasanya dipakai pada saat membuat lubang untuk kepala sekrup agar permukaan sama rata dengan kayu. Mata bor ini bisa berdiri sendiri dan ada juga yang terpasang langsung dengan mata bor utama untuk membuat lubang sekrup.

Forster Bit
Yaitu mata bor yang berfungsi untuk membuat lubang engsel sendok. Paling baik apabila dioperasikan dengan mesin bor duduk yang lebih stabil. Karena apabila menggunakan mesin bor tangan akan sulit untuk mengendalikan kestabilan posisi mata bor dan lubang yang dihasilkan kurang berkualitas.
Diameter yang tersedia mengikuti standar diameter engsel sendok, dari 15, atau 35 mm.
Hole Saw Bits
Lebih tepat mungkin kita sebut gergaji lubang karena bentuk mata bornya yang seperti gergaji dengan diameter yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berdiameter antara 25 - 60mm.


27 comments:

  1. (salam kenal..)
    Ini Info yg sangat bagus.. saya minta izin untuk copy Bang..

    ReplyDelete
  2. cukup bagus, hanya saja untuk mesin bor horizontal biasanya menggunakan mata bor kusus yang pangkalnya memiliki drat

    ReplyDelete
  3. @bizafif:
    Silahkan untuk copy karena kami memang sudah membuka kunci pada website untuk bisa dicopy dengan batasan tertentu.
    @ari:
    Terima kasih, informasi tambahan anda sangat bermanfaat bagi pembaca lainnya.

    ReplyDelete
  4. thanks, infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. keren,, q jadi bisa belajar.. ijin copy bro..

    ReplyDelete
  6. ada atau tidal mata bor kayu untuk melubangi (setengah bola)diameter 6cm dan 12 cm, kalau ada berapa barganya. Jimmy (081312733763)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas tidak ada rekan Jimmy, prinsip bor adalah perputaran mata bor yg mana tidak mungkin membuat setengah lingkaran. Kalau ingin membuat lubang setengah lingkaran bisa menggunakan mesin lain (frais atas atau router).

      Delete
  7. Hole Saw Bits bisa untuk membuat lubang di meja gak?

    ReplyDelete
  8. Tentu saja bisa, tergantung dari ketebalan permukaan meja. Maksimal sama dg kedalaman bor gergaji.

    ReplyDelete
  9. thank's banget buat infonya berguna sekali..^_^

    ReplyDelete
  10. Ijin copy ya mas . . ada tugas dari guru,biasalah lah.
    anak SMK mesin.haha tq tq.

    ReplyDelete
  11. mohon dimuat info tentang peralatan mebeler untuk skala rumah/hoby beserta spek, harga, dan tempat/toko penjual di kota Bandung. terima kasih

    ReplyDelete
  12. Itu Hole Saw Bits yang merah bisa digunakan untuk membuat roda mobil-mobilan mainan anak yah?

    ReplyDelete
  13. punya barang bor? harga berapa ? mata bor hole saw bits yg macem banyak ada? saya lagi butuh banget.. (and1par@yahoo.co.id)

    ReplyDelete
  14. aneka hole saw set dapat dilihat di indopowertools.com

    ReplyDelete
  15. Salam kenal.... saya baru ingin belajar pertukangan kayu. kita apakah anda bisa memberi informasi untuk kursus pertukangan di jakarta atau bogor? terima kasih sebelumnya. situs yang menarik....

    ReplyDelete
  16. Gan, mata bor ada yang fungsinya untuk memotong tidak? Atau mata bor potong bisa tdk diaplikasikan pada alat bor untuk membuat lubang

    ReplyDelete
  17. Tengkyu infonya gan. Sy br buka usaha interior. Lg cari info mata bor. Ini pas dapet

    ReplyDelete
  18. yang tepat Forstner bit atau Forster?

    ReplyDelete
  19. Saya pernah bertanya ke beberapa toko hardware tentang bor Forstner 14mm. Tapi tidak pernah ada. Adanya dari ukuran 13mm loncat ke 16mm. Mengapa demikian yah? Ketika itu saya sedang memerlukan yang 14mm

    ReplyDelete
  20. barangkali minat mata bor buat "POCKET HOLE JIG"

    http://www.kaskus.co.id/post/54409042507410c6148b457b#post54409042507410c6148b457b

    ReplyDelete
  21. Klu bikin lubang box pada speaker yg ukuran besar makai bor apa yaaa gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bias om, pakai hole cutter juga tapi pesan khusus atau bias hubungi saya, sebutkan saja diameter brp yg diinginkan, ketebalan dan bahan yg diproses apakah mdf atau particle board

      dhani@kanefusa.co.id

      Delete
  22. Mau tanya gan, kalau mau buat lubang yang bentuknya kotak tu pakai mata bor apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa langsung kotak bro, musti tetap secara manual dibuat persegi setelah pengeboran..

      Delete