Wood Bending & Layer Glued Panel

Ketika desainer menginginkan sebuah kursi dengan beberapa komponen melengkung terutama pada bagian kaki atau ruji-ruji sandaran, seringkali produksi tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Jalan keluar yang sering terjadi yaitu harus menggunakan papan lebar yang kemudian 'digambar' sesuai dengan bentuk lengkungan komponen tersebut.
Rendemen bahan baku kayu menjadi lebih kecil karena lebih banyak bagian papan yang terbuang tidak dapat dipakai untuk komponen lain. Lagipula apabila operator mesin tidak pandai memilih bahan yang berkualitas akan mempengaruhi kualitas & kekuatan produk. Teknologi solusi yang saat ini telah ada menjadikan hal ini seharusnya tidak lagi menjadi masalah.

Beberapa orang kurang tepat mengartikan teknologi pelengkungan kayu. Apabila kita memerlukan komponen melengkung bisa dibuat dengan satu batang kayu solid yang 'dilengkungkan' atau beberapa kayu solid yang disusun melengkung.

Wood Bending
Paling memungkinkan untuk kayu dengan ketebalan yang terbatas. Menggunakan metode pelengkungan kayu bermacam-macam. Pada prinsipnya wood bending dihasilkan dari sebatang kayu solid yang lurus lalu di tekan sedemikian rupa hingga melengkung sesuai dengan radius yang diinginkan. Proses persiapan di area komponen tidak berbeda dengan komponen lurus lainnya.
Komponen dipanaskan, bisa dengan cara direbus atau elektrik sehingga kayu menjadi lebih lunak agar mudah dibentuk. Komponen ini diletakkan pada sebuah mesin/alat press yang telah memiliki bidang dengan radius tertentu dan pressing dilakukan selama beberapa waktu.
Waktu penekanan tergantung dari ketebalan kayu.

Harus diperhatikan pada waktu memilih bahan komponen untuk wood bending ini. Sebaiknya pilih serat kayu yang lurus dan tidak terdapat mata kayu. Kalaupun ada mata kayu, sejauh diameter dan kualitas mata kayu (mata kayu hidup atau mata kayu mati) tidak terlalu besar dibandingkan dengan lebar komponen, pengaruhnya terhadap kualitas wood bending tidak terlalu besar.

Layer Glued Panel
Prinsip pembuatannya mirip dengan proses pelapisan papan buatan multipleks. Apabila lembaran melengkung akan digunakan untuk misalnya dudukan kursi, vinir disusun melintang agar ketahanan belahnya menjadi lebih baik. Yang membedakan adalah pada proses penekanan telah disediakan permukaan sesuai dengan desain lengkungan. Ukuran panelpun terbatas. Proses ini termasuk lebih mahal dibandingkan dengan wood bending.
Apabila desain memerlukan lengkungan kaki yang lebih ekstrim, penyusunan lapisan dilakukan searah baik lapisan atas, tengah maupun lapisan paling bawah. Saya cantumkan di bawah ini sebuah contoh produk dari retailer tertentu yang menggunakan metode pelapisan ini.



Dari sisi biaya dan proses, Layer Glued Panel lebih mahal dan lebih rumit. Namun dari sisi estetika desain akan sangat memuaskan. Layer Glued Panel bukan wood bending. Lebih tepat apabila kita sebut laminasi kayu melengkung.

Jadi apabila kita mendengar istilah wood bending, lebih baik anda berhati-hati dalam hal penjelasan dan metode yang dilakukan. Wood bending akan selalu terbuat dari satu kayu solid yang dilengkungkan.

0 comments:

Post a Comment