Mesin Dasar Industri Kayu

Terdapat bermacam-macam mesin kayu untuk membantu pekerjaan tukang kayu dalam proses produksi. Teknologi mesin hingga saat ini justru sudah menggunakan sistem komputerisasi pada berbagai mesin besar dan mesin kombinasi. Sekomplit apapun jenis mesin industri, dalam hal ini adalah mesin untuk proses produksi, adalah merupakan pengembangan dari berbagai fungsi dasar kerja mesin kayu.

Sebaiknya kita perlu memahami dahulu bagaimana prinsip dasar kinerja mesin kayu yang terdiri dalam beberapa kategori dasar.

Mari kita lihat satu persatu kategori tersebut.

Gergaji Belah & Potong
Mesin jenis ini bisa berupa circle saw atau band saw (gergaji pita) dengan fungsi utamanya adalah membelah kayu atau logs. Terdiri dari satu bilah gergaji lingkaran pada satu poros motor penggerak. Konfigurasi pemasangannya pada mesin bisa bermacam-macam. Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan kayu dengan mesin ini misalnya: membelah kayu, memotong papan dalam berbagai sudut, membuat pen dan alur.

Prinsip kerja mesin ini adalah untuk membelah kayu hingga pada ukuran mendekati ukuran jadi. harus disisakan beberapa milimeter untuk proses pengetaman dengan mesin serut (planner)

Mesin Ketam/Serut (Planner)
Berfungsi untuk menghaluskan sisi kayu setelah proses penggergajian. Mesin ketam standar bekerja dengan menghaluskan permukaan satu demi satu sisi kayu. Hanya satu meja kerja yang terdapat pisau penyerut. Pada perkembangannya mesin ini bisa sekaligus menyerut 4 sisi kayu dan dikombinasi dengan jenis pisau lainnya.
Poros pisau terpasang horisontal dengan meja penghantar vertikal. Hasil kerja dari mesin ini harus menjadi ukuran final yang tidak mungkin lagi dikurangi kecuali dengan amplas. Hasil permukaan dari kerja mesin ini akan halus, lebih halus dari mesin gergaji karena tidak akan terdapat cuttermark sebesar gergaji.

Mesin Bor (Drilling)
Terdiri dari satu poros motor pada prinsipnya untuk membuat lubang pen, dowel atau lubang untuk sekrup dan alat tambahan lain yang berbentuk bulat. Perkembangannya saat ini mesin bor bisa untuk melakukan pengeboran beberapa lubang sekaligus pada satu permukaan secara horisontal maupun vertikal. Pengeboran sebaiknya dilakukan setelah seluruh permukaan kayu diserut dan dipotong pada ukuran jadi yang diinginkan.

Mesin Profile (Spindle)
Poros pisau terpasang vertikal (menghadap ke atas) pada sebuah permukaan meja mesin dan berfungsi untuk membuat bentuk profile pada sisi samping kayu. Jenis pisau bisa diganti sesuai dengan desain yang diinginkan. Pada kombinasi lain jumlah pisau bisa lebih dari satu dan seluruhnya terpasang secara vertikal. Proses bisa dilakukan setelah proses penggergajian karena hasil kerja mesin ini hampir sama dengan mesin serut, permukaan halus dan cukup dengan mesin amplas sebelum proses finishing.

Router
Prinsip dasarnya mirip dengan mesin bor vertikal namun kepala pisaunya memiliki bentuk dan desain yang berbeda. Karena router ini berfungsi untuk membuat alur pada permukaan kayu maka pisau berada pada posisi vertikal ke arah bawah. (berbalikan dengan mesin profile (spindle). Mesin Router didesain dengan kecepatan putar (rpm) jauh lebih tinggi dari mesin bor biasa.

Mesin-mesin yang disebutkan di atas adalah dasar dari semua mesin kayu yang saat ini terdapat di pabrik ataupun perusahaan penjual mesin. Banyak beberapa desain mesin menggabungkan fungsi dasar dari mesin di atas sehingga timbul nama mesin baru. Namun apabila anda sudah mengerti prinsip kerja dari mesin-mesin di atas akan sangat mudah untuk memahami cara kerja dari mesin yang lain.

download artikel

11 comments :

  • perkenalkan juga salah satu proses masining kayu yang lebih modern yaitu dengan CNC Router (computer numerical control)
    www.multigrahacipta.indonetwork.co.id

    Thursday, 19 January, 2012

  • mungkin lebih bagus kalo diisi juga harga pasarnya

    Friday, 17 August, 2012

  • saya ad mesin2 kayu bekas pabrik mebel..kurang lebih jumlah mesin ad 12.saya kurang tau fungsi2 masing2 alat tersebut.posisi mesin2 ad di bandung.

    bila minat bisa menghubungi di 081221111256 (sms dl sebelum tlp)

    Friday, 24 August, 2012

  • Salam kenal,
    Mohon maaf, kalau menurut saya, mesin2 ini juga termasuk mesin2 dasar :
    Mesin chisel mortiser (mesin bobok)
    Mesin Radial arm saw
    Mesin Miter saw (mini radial arm saw)
    Mesin Single Planer (thicknesser)
    Sepertinya memang tidak ada patokan baku mesin dasar untuk perkayuan, karena menurut saya, hasil produk perkayuan yang terbaik adalah dari pekerjaan dengan alat2 manual (hand made), karena pasti dibuat dengan penuh passion (gairah seni)
    indopowertools.com

    Tuesday, 16 October, 2012

  • mencari mesin dowel halus ex

    Saturday, 21 September, 2013

  • saya mau lihat gambar dari alat-alat mesin kayunya dulu, untuk melihat fungsi masing-masing alat tersebut. saya ini baru rencana mengelola limba kayu yang banyak terbuang di sawmil jayapura, mungkin alat-alat bekas bapak masih bisa saya fungsikan secara maksimal untuk tahap awal dalam memulai usaha perkayuan.
    kalau boleh dikirimi gambar serta estimasi harga per jenis barang. dari muhammad yusran yusuf di jayapura papua, Telp. 081344456702 atau YM ata.1004052@yahoo.com atau email:yusranyusuf604@yahoo.com atas infonya disampaika terima kasih.

    Saturday, 12 October, 2013

  • maaf saya mahasiswa yang meneliti tentang pengaruh bising terhadap kelelahan pekerja, kebetulan kebisingan mesin planer, ketam, spindel, dan gergaji, apa rekan2 dapat memerikan saya infonya, trimakasih jika ada yang ingin membantu, dapat kirim di email saya fredyxu@rocketmail.com

    Sunday, 20 October, 2013

  • mohon disebut kan harga mesin dasar tersebut serta harga mesin bekas yang masih mulus. sekalian ditampilkan juga spesipikasinya

    Thursday, 24 October, 2013

  • numpang nanya mesin sekrap itu sebenarnya mesin untuk apa ? memahat? saya ada tugas untuk membuat speaker, desain saya berbentuk lingkaran , benar-benar bulat , dan material yang ingin digunakan adalah kayu . nah kalo gt apakah proses produksinya harus dipahat ? terimakasih :)

    Thursday, 03 April, 2014

  • permisi numpang tanya,, ada yg tau cara mendonwload dongle cnc router n ucancam software gak,, atau beli dongle nya dimana n harganya kisaran berapa..??
    Terima kasih sebelumnya :)

    Monday, 12 May, 2014

  • Karya Parket - Agen, toko, distributor parquet dan menjual parket, jasa pemasangan lantai kayu karya parket, dengan Harga murah Seluruh Indonesia

    Beberapa pilihan bahan yang kami gunakan diantaranya :
    - Kayu Jati
    - Kayu Merbau
    - Kayu Bengkirai
    - Kayu Ulin
    - Kayu Sonokeling
    - Kayu Momala
    - Kayu Kumea
    Wood plastic Komposite , Dll

    Untuk Hasil Finishing diantaranya :
    Untuk pilihan finishing dengan kualitas anti gores yang baik bisa menggunakan Polyurethane. Untuk pilihan finishing dengan harga lebih murah bisa menggunakan impra 2K.
    Sementara untuk pilihan pemasangan yang lebih praktis dan cepat bisa menggunakan Coating hasil pabrik Dengan kualitas finishing UV.

    Kualitas :
    Mengedepankan Kualitas adalah hal yang utama bagi kami, kami tidak hanya menjual putus, tapi kami mangharapkan adanya kesinambungan dan hubungan baik dengan konsumen.
    Inovasi....inovasi....! itulah moto kami,
    kami selalu melakukan inovasi dalam berbagai hal, baik dari segi produk dan pelayanan.

    Alamat kantor dan kontak yang bisa dihubungi :
    Jl. RAYA CILEMBER 280A CIMAHI
    Hp : 081287758885
    Pin :2b6bf444
    www.karyaparket.com

    Tuesday, 13 January, 2015

Tuliskan pendapat anda...