Memahami Papan Buatan (2)

Sebelumnya saya pernah menuliskan tentang bagaimana memahami plywood sebagai bahan alternatif. Tapi rasanya artikel tersebut kurang fokus terhadap penjelasan tentang karakteristik bahan tersebut. Pada posting kali ini akan saya kemukakan lebih luas tentang papan buatan (plywood termasuk salah satu papan buatan). Dalam istilah internasional disebut 'engineered wood'. Berbagai jenis papan buatan telah diproduksi sesuai dengan teknologi yang lebih maju dan permintaan konsumen akan bahan baku yang lebih baik, hemat dan lebih 'environmental friendly'.


Multipleks
Papan buatan yang dibuat dari beberapa lapisan kayu tipis dan disusun pada arah saling melintang dengan setiap lapisan. Lapisan-lapisan tersebut disebut vinir. Jumlah lapisan multipleks SELALU GANJIL, tidak genap. Tidak ada alasan lain selain alasan teknis yaitu bahwa dalam setiap susunan vinir multipleks, arah serat lapisan paling luar HARUS tersusun searah. Setelah itu bagian isinya diatur melintang serat vinir.
Alasan ini untuk menutupi kelemahan kayu yang mudah pecah dan terbelah pada arah seratnya. Lapisan paling tengah (core) arah seratnya selalu melintang arah serat vinir paling luar, berapapun jumlah lapisannya.
Dilihat dari segi konstruksi, kekuatan dan proses saat ini multiplek termasuk bahan yang paling baik di antara papan buatan lainnya.

Softboard
Bentuk papan buatan yang dibuat dari serbuk gergaji dan amplas. Proses pembuatannya mirip dengan MDF, namun dengan kerapatan bahan yang lebih kecil. Bahan ini adalah bahan yang anda sering pakai untuk papan pengumuman yang bisa ditusuk dengan jarum untuk menempelkan brosur atau kertas pengumuman.


Chipboard
Dibuat dari serpihan kayu dari hasil kerja mesin, dicampur dengan lem dengan tekanan tinggi. Tidak ada proses peleburan seperti dalam MDF. Bahan ini biasanya anda lihat sebagai bahan untuk packing peralatan mesin, pallet, atau box barang pada waktu pengiriman.

Blockboard
Cara pelapisannya sama dengan multipleks. Yang membedakan adalah jumlah lapisan dan ukuran kayu inti pada lapisan paling tengah. Untuk lebih detailnya anda bisa lihat disini.

Hardboard
Papan buatan ini memiliki densitas yang sangat tinggi dan pemakaian paling banyak adalah dengan ketebalan kurang dari 6mm. Menutupi kekurangan MDF yang tidak memiliki daya tahan baik pada ketebalan di bawah 6mm. Papan ini sering juga disebut High Density Fiber.

MDF (Medium Density Fiber)
Bahan yang sangat baik dan kuat untuk interior furniture. Kelemahan yang ada pada sisi tebal dan ketiadaan serat pada permukaan bukan suatu masalah yang sulit diatasi. Detail penjelasan ada disini.

Dari sekian jenis papan buatan tersebut di atas memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing sesuai dengan area komponen perabot yang ingin anda terapkan. Standar ukuran dari semua jenis papan tersebut adalah 1220mm x 2440mm. Ukuran lebar terutama adalah untuk menyesuaikan dengan mesin pembuat papan buatan.

0 comments :

Tuliskan pendapat anda...