Engsel untuk Perabot Kayu

Engsel seperti apa yang ingin anda pakai untuk memasang pintu almari atau komponen lain? Bagaimana anda akan menentukan jenis engsel terbaik untuk kontruksi tersebut? Pertanyaan ini sederhana saja, hanya perlu sedikit pertimbangan sebelum anda menentukan. Engsel yang paling umum dan sering digunakan pada perabot terutama kayu ada 4 macam, yaitu engsel kupu-kupu, engsel piano, engsel sendok (saya meminjam istilah ini dari instansi pendidikan tertentu) dan engsel tersembunyi.


Engsel kupu-kupu paling sederhana dan mudah pemasangannya namun juga kurang fleksible. Karena bentuknya seperti sayap kupu-kupu, dari sinilah nama tersebut dibuat. Kekurangan lain dari engsel ini karena anda harus membuat 'takikan; pada pintu dan papan samping untuk tempat engsel. Tambahan pekerjaan ini selain sulit dilakukan oleh mesin juga kurang efektif.

Untuk menutupi kekurangan engsel kupu pada celah yang terdapat pada pintu dan papan samping (atau pada kusen), maka dibuat engsel piano. Engsel panjang menutupi seluruh permukaan samping pintu sehingga ketika pintu dibukapun kita tidak bisa melihat celah antara pintu dan dinding samping. Pemasangannya sedikit rumit dan lama.

Engsel sendok, saya pikir ini sebenarnya nama yang kurang tepat tapi sampai saat ini saya belum tahu nama yang lebih tepat untuk jenis engsel ini. Istilah internasionalnya disebut Concealed Hinge. Sangat baik untuk perabot di dalam ruangan terutama kabinet almari atau set dapur. Kelebihan yang dimiliki engsel sendok banyak sekali. Pemasangan mudah dan cepat, hasil akhir sangat halus dan rapi, hingga fleksibilitas yang tinggi setelah pemasangan.
Terdapat berbagai jenis engsel sendok tergantung pada type pintu yang anda ingin buat.
Dan yang paling menguntungkan adalah semua jenis engsel sendok terpasang tersembunyi di dalam kabinet. Satu kelemahannya sesuai pengalaman saya adalah ruang yang dipakai oleh engsel ini di dalam, karena engsel sendok seringkali membuat ruang dalam sebuah kabinet menjadi lebih kecil.

0 comments :

Tuliskan pendapat anda...