Mengoptimalkan Rendemen Setelah Kiln Dry

Di dalam teori kalkulasi biaya, pabrik yang kurang berpengalaman sangat jarang memperhitungkan waste/limbah dari proses pengeringan. Yang beberapa kali saya amati adalah 0% dan pada kenyataannya terdapat kemungkinan antara 3-5% tidak bisa digunakan. Artinya hanya sekitar 95-98% kayu gergajian dari dalam Kiln Dry Chamber yang bisa digunakan, tidak ada cacat melengkung, pecah atau melintir.
Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana kita mengurangi resiko tersebut, ini yang ingin saya diskusikan dengan anda.

Pada dasarnya volume kayu yang dimasukkan ke dalam kiln Dry, tidak akan 100% sama volumenya setelah kayu kering. Terjadi penyusutan ketika kayu dikeringkan dan saat keluar dari Kiln Dry ukuran kayu akan berubah, tentunya lebih kecil. Besarnya prosentase tergantung jenis kayu dan bagaimana kita melakukan proses pengeringan.
Untuk mengurangi volume kayu yang rusak kita harus memeriksa beberapa hal penting selam proses pengeringan.


Stacking Solution (penumpukan)
Pengaturan kayu, posisi antar tumpukan dan pengaturan rongga-rongga udara di dalam ruang Kiln Dry harus diatur dengan baik. Tumpukan yang tidak teratur bisa berakibat suhu pada sudut ruangan yang lain terlalu panas atau kurang panas sehingga sirkulasi udara kurang optimal. Kayu yang terletak di lokasi terlalu panas berakibat retak atau pecah.
Begitu juga tentang stik kayu yang digunakan perlu diperhatikan pemakaiannya.
Kita akan bahas detail penumpukan ini pada artikel tersendiri.

Heating.
Menyalurkan udara panas tidak hanya sekedar memenuhi temperatur yang dibutuhkan. Perlu diatur agar kenaikan temperatur udara di dalam ruang KD tidak terlalu drastis karena akan membuat kayu menjadi 'stress'. Ketika suhu udara di dalam mencapai level yang diinginkan harus dijaga supaya tetap stabil dan tidak terlalu cepat turun.

Controlling
Yang dimaksudkan disini adalah pengawasan jalannya pengeringan secara keseluruhan. Minimal harus ada pemeriksaan suhu udara dan MC setiap 2 jam. Cara pemeriksaannya harus hati-hati agar tidak mempengaruhi suhu udara berubah terlalu cepat. Biasanya tersedia (atau dibuat) sebuah pintu kecil untuk pemeriksaan ini.

Equipment
Tidak bisa dipungkiri bahwa peralatan yang lebih modern dan lengkap sangat membantu memberikan hasil lebih baik. Tapi jangan kuatir, bukan berarti apabila finansial tidak membantu untuk dapat memiliki peralatan yang baik, skill dari 1 - 3 memiliki porsi yang besar untuk mendapatkan hasil terbaik dan rendemen tertinggi dari sebuah proses pengeringan kayu.

*rendemen: Volume yang bisa diolah

0 comments:

Post a Comment