Menggunakan Klem Manual (Clamp)

Alat ini sangat efektif membantu kita dalam berbagai jenis pekerjaan kayu. Dari mulai penggergajian, pengaluran, perakitan hingga proses pemasangan perlengkapan perabot (hardware). Bentuknya bisa bermacam-macam sesuai kebutuhan. Inti dari penggunaan klem adalah untuk mengikat benda kerja selama kita butuhkan dalam keadaan yang stabil dan kuat.

Fungsi utamanya adalah untuk menjaga keselamatan kerja.
Membuat lubang pen dengan cara meletakkan benda kerja di atas bangku kerja suatu hal yang logis dan biasa dilakukan oleh tukang kayu yang profesional maupun yang masih amatir. Akan tetapi apabila lubang pen terletak pada sisi tebal kayu akan memuat posisi komponen tidak stabil dan ini beresiko kecelakaan kerja. Di sinilah salah satu fungsi utama klem manual.

Membuat lubang alur sepanjang kayu akan sangat baik apabila posisi kayu stabil sehingga alur memiliki lebar dan kedalaman yang sama.
Lalu apabila kita ingin merakit sambungan sudut kayu menggunakan jenis lem kayu yang lambat kering, klem manual membantu untuk menjaga agar sambungan tersebut tetap terhubung kuat sampai lem benar-benar kering. Apabila kita menggunakan lem cepat kering pun klem manual akan sangat membantu memberikan tekanan kuat agar kedua lapisan komponen menyatu dengan benar.

Ukuran Klem Manual
Dari jarak bentangan paling kecil ukuran 5 cm hingga panjang 200 cm tersedia di pasaran sehingga kita bisa memanfaatkannya untuk penyetelan sepanjang klem manual tersebut.

(1)Yang sangat penting harus diperhatikan waktu waktu menggunakan klem manual adalah kepala tekan yang berada di dekat pegangan klem.
Kepala tekan harus fleksibel mengikuti sudut benda yang ditekan sehingga kekuatan tekan lebih baik dan terarah.
(2)Di antara kepala tekan klem dan benda kerja harus disisipkan kayu sebagai penahan untuk mencegah kerusakan benda kerja karena bekas tekanan yang kuat (klem terbuat dari besi)
(3)Sudut tekanan harus sejajar dengan tangan klem sehingga arah tekanan hanya ke satu titik dan tidak tersebar terlalu lebar.


Klem manual yang kita lihat pada ilustrasi adalah jenis klem universal yang bisa bisa digunakan untuk berbagai fungsi dan posisi.
Banyak sekali variasi jenis klem manual yang juga dikembangkan oleh tukang kayu, bukan hasil pabrikan seperti yang terlihat pada gambar ilustrasi. Jenis klem manual tersebut disesuaikan dengan kebutuhan khusus para tukang tersebut.

0 comments :

Tuliskan pendapat anda...