Rambu Petunjuk Keselamatan

Kesehatan dan keamanan karyawan di dalam lingkungan pabrik saat ini menjadi salah satu perhatian dan ermintaan dari beberapa buyer terhadap pabrik kayu. Kesadaran para karyawan pun semakin hari semakin baik dengan adanya audit dan training dari perwakilan buyer yang mengunjungi pabrik secara teratur untuk mengawasi implementasinya.

Beberapa petunjuk keamanan yang diminta dipasang di beberapa sudut pabrik mungkin sangat mudah dipahami oleh karyawan pabrik, akan tetapi ada pula yang kurang familiar mekihat rambu - rambu tersebut sehingga perusahaan tetap harus melaksanakan pelatihan khusus terhadap para karyawan tersebut.

Rambu
Apa arti rambu keselamatan di dalam pabrik? Sama artinya sebenarnya dengan rambu lalu lintas di jalan raya. Rambu dipasang sebagai sarana komunikasi yang singkat, mudah dipahami dan bersifat sebagai peringatan dan informasi bagi siapapun yang melihat rambu - rambu tersebut.
Di dalam lingkungan pabrik rambu keselematan dan keamanan memiliki beberapa perbedaan bentuk, warna maupun sifat darurat dari masing - masing rambu.

Berdasarkan sifat darurat

Warna merah, bentuk lingkaran dengan garis tengah --> Larangan
Rambu berbentuk seperti berarti apapun aktifitas seperti yang dideskripsikan di dalam rambu harus dihentikan, dimatikan atau dipotong prosesnya seketika karena sangat berbahaya bagi keselamatan bersama.

Warna dasar Kuning, bentuk segitiga --> Peringatan
Rambu ini berarti sebuah peringatan akan adanya potensi bahaya, menginstruksikan untuk lebih berhati - hati.

Warna dasar Biru dengan bentuk lingkaran --> Kewajiban
Sebagai sebuah instruksi untuk melakukan atau mengenakan sesuatu yang harus diikuti dalam hal keselamatan khusus.

Warna dasar Hijau dengan bentuk kotak atau bujursangkar --> Area aman
bagian berwarna hijau minila 50% dari luas rambu, bersifat sebagai petunjuk melarikan diri atau petunjuk alat bantu keselamatan seperti pintu keluar atau obat-obatan.

Warna dasar merah --> petunjuk lokasi pemadam
bersifat sebagai petunjuk lokasi alat - alat pemadam kebakaran dan jenis pemadam untuk disesuaikan dengan penyebab kebakaran.

Rambu - rambu tersebut di atas sangat diperlukan di tempat yang strategis dan mudah dilihat. Oleh karean itu disarankan untuk membuat rambu-rambu menjadi mudah dilihat walaupun dalam keadaan gelap dengan cara misalnya memberikan lampu untuk menyorot rambu, memasang illuminate lamps atau memakai material yang bercahaya di dalam gelap.
Terutama petunjuk pintu keluar diharuskan menyediakan lampu darurat (baterai) di dekat pintu keluar.



0 comments:

Post a Comment