Menentukan Ukuran Kayu Gergajian

Hal yang sangat penting diketahui sebelum menentukan ukuran tebal dan lebar kayu gergajian adalah ukuran komponen jadi yang kita butuhkan. Di dalam daftar bahan dan ukuran terdapat detail ukuran komponen.
Karena harus melalui beberapa proses standar di produksi maka ukuran kayu gergajian harus diberikan ekstra untuk limbah. Menentukan ukuran kayu gergajian tersebut harus memperhatikan beberapa hal penting agar ukuran lebih (spelling) tidak berlebihan ataupun terlalu kecil yang mana hal tersebut akan beresiko terhadap kualitas barang dan efisiensi produksi.

Sifat & jenis kayu
Ini hal pertama yang harus diketahui. Kayu yang lebih keras akan membuat mesin bekerja lebih berat. Selain itu sifat serat kayu yang berkelok-kelok akan membuat kayu lebih 'elastis'.

Ukuran komponen
Kita tidak bisa menentukan spelling ukuran dengan perhitungan prosentase. Komponen yang kecil akan membutuhkan spelling lebih besar (%) daripada komponen dengan ukuran lebih besar.



Lokasi komponen pada furniture
Penting sekali dalam hubungannya efisiensi penggunaan bahan baku. Semakin baik kita mengenal lokasi komponen dan bagian permukaan mana yang lebih penting akan membantu menentukan ketebalan spelling yang lebih baik. Ada dikenal istilah dalam furniture dilihat dari sisi prioritas. Untuk permukaan furniture yang memberikan efek estetika dibutuhkan kualitas permukaan kayu yang paling baik.

Jenis Finishing
Besar kecilnya spelling sebenarnya sebagai upaya pencegahan apabila terjadi kesalahan proses. Apabila semua lini proses benar-benar berjalan sesuai yang diharapkan maka spelling sekecil mungkin akan bisa diraih. Oleh karena itu apabila kita mengetahui jenis finishing yang akan digunakan sangat membantu sekali.
Jenis finishing lebih gelap besar kemungkinan cukup dengan pemberian ukuran spelling lebih kecil.

Beberapa proses yang penting dan sangat membutuhkan ukuran spelling membutuhkan rata-rata 2-5 mm pada satu sisi permukaan kayu. Ukuran ini untuk proses penggergajian, penyerutan dan pengamplasan.
Untuk papan lebar yang direncanakan dibelah dalam beberapa ukuran harus diperhitungkan pula spelling ukuran untuk gergaji belah. Ukuran ini antara 1-2 mm pada satu sisi permukaan kayu.

Contoh sederhana apabila dibutuhkan kaki meja ukuran jadi 740 x 60 x 30 mm. maka untuk menentukan ukuran kayu gergajian yang dibutuhkan adalah:

Uk panjang: 740 + (30 mm x 2) = 770 mm
Uk lebar: 60 + (3 mm x 2) = 66 mm
Uk tebal: 30 + (3 mm x 2) = 36 mm

Jadi ukuran minimal kayu gergajian yang dibutuhkan adalah 770 x 66 x 36 mm. Ukuran tersebut ditambahkan spelling untuk gergajian dan resiko penyusutan selama proses pengeringan, maka total ukuran kayu gergajian yang harus disediakan adalah 800 x 70 x 40 mm

Ukuran tersebut bisa bervariasi sesuai komponen jadi yang dibutuhkan.


0 comments :

Tuliskan pendapat anda...