Kayu Teras dan Kayu Gubal



Mungkin istilah di atas cukup aneh terdengar bagi anda yang tidak mendalami ilmu tentang kayu untuk furniture. Apa sebenarnya perbedaan dari kedua bagian kayu tersebut dan bagaimana mengenali perbedaan tersebut?
Kayu teras (heartwood) merupakan bagian kayu gelondongan yang terletak pada inti kayu. Bagian ini berwarna lebih gelap dibandingkan kayu gubal (sapwood) yang terletak pada bagian lebih luar diameter kayu gelondongan (sebelum kulit kayu). Bagian ini merupakan yang terbaik pada sebuah kayu karena kayu teras memiliki kekerasan yang lebih baik daripada kayu gubal.

Biasanya porsi kayu gubal lebih sedikit daripada kayu teras pada batang tertentu. Kecuali pada pohon muda dan bagian batang dan cabang termuda yang secara alami didominasi oleh kayu gubal. Proporsi kayu teras terhadap kayu gubal di batang utama bervariasi menurut jenis kayu.
Pada umumnya kayu teras memiliki serat dan pori-pori lebih padat. Bagian ini sebenarnya adalah serat yang 'mati'. Tentunya pula karena umur kayu teras lebih tua daripada kayu gubal.
Hal ini membuat papan kayu teras memiliki kemungkinan menyusut lebih kecil. Secara mekanik lebih kuat. Rata-rata sekitar 65-75% dari radius kayu gelondongan merupakan kayu teras.

Kayu gubal sangat tidak direkomendasikan untuk diproses menjadi furniture pada bagian konstruksi karena nilai kekuatannya yang sangat lemah, khususnya untuk produk outdoor furniture. Pada bagian tertentu bisa digunakan sebagai komponen pembantu, itupun apabila warna tidak menjadi masalah karena kayu gubal cenderung berwarna lebih terang.

Ada beberapa jenis kayu yang agak sulit untuk membedakan 2 bagian ini karena mereka memiliki warna yang hampir sama. Ada pula pada jenis kayu tertentu, kayu gubalnya tetap bisa digunakan untuk membuat furniture karena memiliki kekerasan yang hampir sama dengan bagian kayu teras.

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

4 Komentar

  1. seep ,...
    mana luan terbentuk kayu gubal apa kayu teras ?
    dan gimana proses pembentukannya ?
    tolong di jelaskan ,...

    BalasHapus
  2. Kayu teras terbentuk lebih dulu, oleh karena itulah posisinya berada di 'dalam' dan berwarna lebih gelap. Bagian kayu teras sebelumnya adalah kayu gubal, ketika diameter pohon semakin membesar, kayu gubal berubah menjadi kayu teras dan terbentuk lapisan kayu gubal yang baru di bawah kulit pohon.
    Demikian sedikit tambahan, semoga semakin bisa dimengerti.

    BalasHapus
  3. kalau begitu ada tidak pohon yg tidak memiliki perbedaan warna kayu antara kayu gubal dan kayu teras....????

    BalasHapus
  4. siip dah infonya!!!
    Tp gw mau tanya ada yang tau gk pengertian dari inti kayu?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama