Arah Penyusutan Kayu

Ini salah satu masalah pada kayu yang harus diketahui sebelum proses lebih lanjut. Penyusutan kayu berbeda tergantung pada lokasi kayu pada log. Lebih dekat posisinya ke arah hati kayu (pusat lingkaran tahun) lebih kecil pula penyusutannya. Akan berguna sekali pada waktu kita ingin membuat pelebaran papan dengan melihat penampang kayu dan mengaturnya sesuai dengan arah penyusutan sehingga walaupun terjadi penyusutan bentuk pelebaran papan tidak terlalu jauh berbeda.

Prinsipnya kayu menyusut lebih besar ke arah hati kayu. Ini disebabkan karena struktur pori-pori kayu lebih terarah ke pusat log. Dan bentuk akhir dari akibat penyusutan bisa bermacam-macam: melengkung, melintir (twist), trapesium atau bengkok.



Pada gambar ilustrasi di atas kita bisa lihat bahwa arah panah warna merah adalah arah penyusutan paling besar yang mungkin terjadi. Anak panah biru menunjukkan arah penyusutan yang lebih kecil.
Dari berbagai bentuk dasar penampang kayu gergajian kita bisa perkirakan bagian mana yang akan mengalami perubahan bentuk sehingga lokasi komponen dan kualitas kayu bisa ditentukan lebih awal.

Pada beberapa jenis kayu akan agak sulit dengan melihat penampang kayu. Bisa dilakukan dengan cara lain yaitu melihat bentuk dan arah permukaan serat kayu, apakah merupakan serat dengan potongan tangensial, radial atau longitudinal.
Apabila pada sisi lebar kayu berupa tangensial, berarti kemungkinan besar kayu akan menyusut ke arah sisi tebal.

credits1, credits2

0 comments:

Post a Comment