Kayu Jati (Tectona Grandis)

Botanical name: Tectona Grandis

Family Name: Verbenaceae

Karakteristik dari kayu jati yang paling dikenal orang adalah karena keawetannya dan daya tahannya terhadap perubahan cuaca dibandingkan dengan jenis kayu lain. Selain itu pula karakter serat dan warnanya memiliki ciri khas tersendiri. Oleh karena itulah harga kayu jati lebih mahal.

Pohon
Tinggi pohon bisa mencapai 50 meter dengan Ø hingga 1,2 meter. Umur pohon jati yang ideal untuk mendapatkan kualitas terbaik adalah di atas 40 tahun. Kecepatan tumbuh pohon jati relatif lambat sehingga densitas kayunya pun lebih baik. Untuk memperoleh Ø 40 cm dibutuhkan minimal 50 tahun masa tumbuh.

Warna Kayu
Coklat dan emas warna gelap pada kayu terasnya. Bagian kayu gubal berwarna krem atau bahkan putih kecoklatan. Pada beberapa jenis kayu jati terdapat warna kemerahan pada saat baru saja dibelah. Setelah beberapa lama di letakkan di udara terbuka dan terutama di bawah sinar matahari, warna tersebut akan berubah coklat muda.

Densitas
pada level MC rata-rata 12%, densitas kayu jati berada pada kisaran 700 - 930 kg/m3.

Keawetan
Kayu Jati tergolong pada kayu dengan kelas awet I. Memiliki daya tahan yang kuat terhadap jamur, busuk karena udara lembab atau serangan serangga. Kayu Jati juga memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan perubahan suhu.
Dengan karakteristik khusus yang dimiliki kayu jati yaitu kandungan minyak pada kayu Jati membuat kekuatan Jati lebih baik dari jenis kayu yang lain.

Pengeringan
Beberapa manufaktur menggunakan cara pengeringan yang sedikit berbeda pada kayu jati. Jika biasanya pada bentuk papan lembaran biasa masuk ke ruang pengering, mereka melakukan dengan cara membentuk kayu menjadi komponen setengah jati ke dalam ruang pengeringan. Disisakan sepersekian milimeter untuk proses amplas setelah pengeringan.
Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan kayu jati adalah sekitar 14-25 hari dengan temperature maksimum 80 derajat Celcius.

Proses Mesin & Konstruksi
Susunan serat kayu Jati yang kecil memudahkan proses mesin dengan hasil yang halus dan rata. Bisa dihasilkan kepala kayu yang halus pada saat proses pemotongan melawan arah serat.
Karena kelebihan kayu Jati dari warna serat dan kelas awetnya, sebagian besar produsen furniture atau pemakai kayu jati tidak melapiskan bahan finishing karena lapisan minyak/lilin alaminya sudah merupakan bahan pengawet.

Sertifikasi
Saat ini konsumen (terutama di Eropa & Amerika) menuntut adanya sertifikasi pada seluruh produk furniture dari kayu Jati.
Di Indonesia kayu jati hanya bisa diperoleh/dibeli dari Perum Perhutani, sebagai instansi pemerintah yang berkuasa penuh untuk perawatan dan pengawasan distribusi kayu jati di Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

18 Komentar

  1. kalau saya punya kebun kayu jati bagaimana pemasarannya?sedangkan di atas dituliskan kayu jati hanya bisa diperoleh/dibeli dari perum perhutani

    BalasHapus
  2. Pembelian dari perhutani biasanya diperuntukkan pasar luar negeri/ekspor, kalau dsri kebun sendiri seharusnya bisa langsung dijual tp terbatas untuk pasar domestik...
    Mungkin ada pembaca yang banyak berpengalaman dbekerjasama dengan perhutani, silahkan membantu mmemberikan jawaban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo memamg sungguh punya kebon jati gak usah bingung ngejualnya di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jogja banyak pedagang besar yang siap membeli kayu jati, soal harga tergantung kualitas batang dan diameternya

      Hapus
  3. Mantap gan, ane sedang menanam Jati Emas untuk investasi hehe

    BalasHapus
  4. Investasi kebun kayu jati jauh lebih menguntungkan daripada bunga deposito atau emas sekalipun,,. ada 2 keuntungan yang didapat, pertama dari nilai tanah,stiap tahun nilai tanah terus naik dan yang kedua dari kayu jati itu sendiri. tidak perlu khawatis dengan pemasaran, karna untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri saja dipastikan masih kekurangan pasokan.

    BalasHapus
  5. Bener dengan pendapat dari blazer investasi kebun kayu jati memang lebih menguntungkan dari pada bunga deposito karena kita mendapatkan 2 keuntungan sekaligus..dari harga tanah yang selalu naik tiap tahunnya dan harga kayu jati sendiri...untuk pemasaran juga gak perlu kawatir akan tidak laku karena memang produk langka jadi selalu di buru oleh pengrajin2 dalam negeri..cuman kekurangannya satu benar2 investasi long term

    BalasHapus
  6. Mas / mba, mohon info pemasaran kayu jati. Saya udah tanam kayu jati emas, skr umur 10th. Skr mau penjarangan. Mohon info tempat jual kayu jati ukuran sedang yah.. Terima kasih

    BalasHapus
  7. saya punya 800m3 jati grade A..kemana saya bisa menjual?? kalau tertarik hubungi saya di 08568888000..trims..

    BalasHapus
  8. Untuk yang punya kayu jati bisa di tawarkan ke pengrajin pengrajin mebel jati di jepara.... pasti cepat laku kalau anda tawarkan ke orang jepara.

    BalasHapus
  9. dan sekarang ni kayu jati mahal banget harganyaa

    BalasHapus
  10. sulit bagnet dapetin kayu jati sekarang,, dan harganyapun selangit

    BalasHapus
  11. kayu jati ini snagat tenar di wilayah pulau jawa karena segi ke awetannnya dan banyak di gunakan untuk furniture di wilayah kota jepara , namun blm ada yang berani mengaplikasikannya sebagai panel dinidng 3d , mungkin pertimabnagn harga sehingga tak berani untuk di jadikan sebagai panel dinding 3 dimensi

    BalasHapus
  12. sangat bermanfaat informasi ini. Sukses Slalu.
    Furniture Jepara

    BalasHapus
  13. Artikel yang sangat bermanfaat, membantu menambah wawasan kita dalam hal bahan baku untuk pembuatan mebel jepara yang bagus..

    BalasHapus
  14. Pengetahuan baru untuk yang belajar di dunia perkayuan terutama produsen mebel dan furniture

    BalasHapus
  15. Bagaimana cara menghilangkan alur minyak.pada kayu jati untuk grade A

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama