Bricket Kayu

Minimal 15% dari kayu logs yang anda beli berubah menjadi serbuk gergaji dan tatal setelah melalui proses produksi hingga barang jadi. Apa yang biasanya dilakukan oleh pabrik furniture terhadap limbah ini?
Bagi pabrik yang output limbah ini tidak terlalu banyak masih bisa mendapatkan jalan keluar dengan cara menjualnya kepada para pengumpul untuk kemudian serbuk itu mereka gunakan untuk berbagai macam keperluan rumah tangga.

Beberapa orang bahkan membutuhkan serbuk tersebut untuk membantu proses pembakaran batu bata atau genteng. Pada suatu kunjungan ke pabrik kayu minggu yang lalu, saya melihat sebuah produksi kecil briket kayu. beberapa tahun sebelumnya memang pernah melihat proses serupa namun yang istimewa pada tempat tersebut adalah ukuran ruangan yang dipakai untuk membuat briket kayu.

Untuk apa briket kayu tersebut? Pada musim dingin, negara-negara Eropa maupun Amerika menggunakan tungku api untuk memanaskan ruangan-ruangan di dalam rumah. Mereka bisa menggunakan kayu solid, baik sisa dari pengolahan kayu ataupun baru dari tebangan hutan akan tetapi semakin mahal dan mengingat kebijakan negara-negara tersebut tentang lingkungan, briket kayu menjadi alternatif yang paling baik dan murah.

Kembali kepada pabrik furniture kayu yang membuat briket, ini bisa menjadi sebuah ide yang baik bagi kebanyakan pabrik furniture di Indonesia untuk mengumpulkan semua limbah kayunya dan mengolahnya menjadi briket. Walaupun sebenarnya limbah tersebut bisa digunakan oleh pabrik pembuat papan buatan.

Kesulitan yang saya dengar dari pelaku bisnis furniture adalah masih terbatasnya produsen mesin pembuat briket kayu sehingga harganya menjadi mahal. Salah satu retailer untuk produk ini adalah Irishbiofuels.
Briket atau kayu bakar memiliki potensial pasar yang cukup tinggi mengingat harga bahan bakar saat ini yang cukup tinggi. Konsumen di negara-negara subtropis cenderung akan mengurangi konsumsi minyak sebagai bahan bakar pemanas ruangan.

1 comment:

  1. saya butuh mesin pembuat briket, mohon hubungi saya 085643616661

    ReplyDelete